• Sabtu, 21 Mei 2022

Koreksi Kisah di Kitab Taurat Tentang Dua Putri Nabi Luth yang Selamat dari Azab Negeri Sodom

- Senin, 3 Januari 2022 | 20:01 WIB
Allah menimpakan azab kepada penduduk Sodom (dok, WinNetNews.com)
Allah menimpakan azab kepada penduduk Sodom (dok, WinNetNews.com)

BệBASbaru.com, DUNIA ISLAM - Allah menimpakan azab kepada penduduk Sodom yang meliputi Sabah, Sarah, Amarah, dan Duma.

Azab ini menewaskan jutaan orang. Penduduk Sodom saja terdiri dari 4 juta jiwa. Dan Allah menyelamatkan Nabi Luth dan putrinya.

Allah menurunkan azab setelah Nabi Luth menyampaikan peringatan akibat perilaku seks menyimpang mereka. Nabi Luth memohon kepada Allah:

قَالَ إِنِّي لِعَمَلِكُمْ مِنَ الْقَالِينَ رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ فَنَجَّيْنَاهُ وَأَهْلَهُ أَجْمَعِينَ إِلَّا عَجُوزًا فِي الْغَابِرِينَ ثُمَّ دَمَّرْنَا الْآخَرِينَ وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَطَرًا ۖ فَسَاءَ مَطَرُ الْمُنْذَرِينَ

Dia (Luth) berkata, Aku sungguh benci kepada perbuatanmu. (Luth berdoa): Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dan keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan. Lalu Kami selamatkan ia bersama keluarganya semua, kecuali seorang perempuan tua (istrinya), yang termasuk dalam golongan yang tinggal. Kemudian kami binasakan yang lain. Dan Kami hujani mereka (dengan hujan batu) maka amat buruk hujan yang menimpa orang-orang yang telah diberi peringatan.” ( QS Asy-Syu'araa' : 168-173).

Baca Juga: Ingin Tahu Kisah Bahtera Nabi Nuh AS, Nabi Isa AS Bangkitkan Kembali Ham Putra Nabi Nuh

Buku Ensiklopedia Wanita Al-Quran menyebut dua putri Nabi Luth yang diselamatkan itu adalah Rita dan Za’wara. Mereka berdua adalah wanita mukmin dan suci.

Keduanya diselamatkan Allah dari azab yang dahsyat itu. Sedangkan istri Nabi Luth AS termasuk ke dalam orang-orang yang binasa.

Hanya saja, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Hakim dari Ibnu Abas, disebutkan bahwa putri Nabi Luth yang diselamatkan bukan dua, melainkan tiga orang.

Ibnu Abas mengisahkan bahwa pada malam hari desa itu diangkat sampai ia berada di antara langit dan bumi, sehingga mereka mendengar suara-suara burung di udara.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X