• Sabtu, 21 Mei 2022

Manusia (Roh) di Alam Barzakh Mampu Melihat Alam Dunia dan Alam Akhirat Sekaligus!

- Jumat, 7 Januari 2022 | 20:12 WIB
Alam barzakh yang dikenal dengan alam kubur yang merupakan pintu gerbang menuju akhirat atau batas antara alam dunia dan alam akhirat (dok, Islampos)
Alam barzakh yang dikenal dengan alam kubur yang merupakan pintu gerbang menuju akhirat atau batas antara alam dunia dan alam akhirat (dok, Islampos)

BệBASbaru.com, DUNIA ISLAM - Setelah hari kiamat tiba, manusia yang meninggal dunia akan mulai memasuki tahapan kehidupan di akhirat. Namun, sebelum dibangkitkan kembali, manusia akan menuju pada fase alam penantian.

Fase ini disebut-sebut sebagai fase kedua setelah kehidupan di dunia. Sekaligus tempat manusia menunggu hari kebangkitan yang menjadi batas antara alam dunia dan akhirat. Inilah yang disebut dengan alam barzakh.atau alam kubur.

"Alam barzakh yang dikenal dengan alam kubur yang merupakan pintu gerbang menuju akhirat atau batas antara alam dunia dan alam akhirat," tulis Sumber Belajar Kemendikdud dan dilihat detikEdu, Kamis (6/1/2022).

Baca Juga: Beratnya Model Isya Jeeperson Jadi Mualaf, Ibunya Sampai Ancam Mau Bunuh Diri…!

Baca Juga: Arab Saudi Diselimuti Salju Sejak Tahun Baru, Ciri Kiamat Makin Dekat Sesuai Sabda Rasulullah SAW

Tidak mengherankan, bila manusia yang berada di alam barzakh.dapat melihat keadaan di alam dunia maupun di akhirat sekaligus. Sebagaimana yang diungkapkan oleh salah satu anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Nurul Irfan.

"Dia (alam barzah) sebagai sekat, mereka ahli kubur atau ahli barzakh bisa melihat dunia dan bisa melihat akhirat. Mereka berada di satu tempat yang namanya barzah bisa melihat dunia dan akhirat,'' kata KH Nurul Irfan yang dikutip dari situs MUI.

Batas antara alam dunia dan alam akhirat yang disebut alam barzakh.ini pula menjadi tempat manusia mendapat balasannya selama di dunia. Sebab itu ada istilah yang kita kenal dengan siksa kubur.

Manusia akan bertemu, ditanya, dan diperiksa amal perbuatannya semasa di dunia oleh Malaikat Munkar dan Nakir. Hal ini sebagaimana termaktub dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالآخَرُ النَّكِيرُ ، فَيَقُولَانِ : مَا كُنْتَ تَقُولُ فِي هَذَا الرَّجُلِ ؟ فَيَقُولُ مَا كَانَ يَقُولُ

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X