• Selasa, 9 Agustus 2022

Sama dengan Indonesia, Saudi Tetapkan 9 Juli Hari Raya Kurban, Tapi Kita Lebih Cepat 5 Jam

- Kamis, 30 Juni 2022 | 17:10 WIB
Umat muslim saat di Padang Arafah Tahun 2021, di mana tahun itu tak terlalu padat, tahun ini ada sejuta lebih umat yang laksanakan ibadah haji (dok, AP photo)
Umat muslim saat di Padang Arafah Tahun 2021, di mana tahun itu tak terlalu padat, tahun ini ada sejuta lebih umat yang laksanakan ibadah haji (dok, AP photo)

BệBASbaru.com, DUNIA ISLAM   - Indonesia dan Arab Saudi tahun ini merayakan hari pertama Idul Adha pada 9 Juli 2022, setelah observatorium Tamir melihat penampakan bulan sabit.

Seperti diketahui, Indonesia lebih cepat 5 jam di bandingkan Arab Saudi. Artinya saat rakyat Indonesia rayakan hari raya kurban pada pagi pukul 7.00, Sabtu 9 Juli 2022 itu, maka di Arab Saudi baru pukul 2 dinihari.  

Hari raya kurban bagi umat Muslim dunia selama lima hari jatuh selama bulan Dzulhijjah, yang dimulai pada tanggal 30 Juni, menandai bulan bersamaan dengan ibadah haji.

Baca Juga: Wirda Mansur: Gue Ketemu BTS Kok, Tahun 2017 Silam, tapi Seheboh Gini Juga Kaleee!

"Haji akan dimulai pada 6 Juli hingga 10 Juli, dengan Hari Arafah jatuh pada 8 Juli," menurut pernyataan Mahkamah Agung Arab Saudi seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (30/6/2022).

Umat Islam memperingati Idul Adha dengan membeli domba dan kambing untuk kemudian disembelih dan dibagikan kepada yang membutuhkan.

Ritual tahunan ini bermula dari kisah nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah untuk menyembelih putranya Ismail sebagai ujian keimanannya.

Mahkamah Agung Arab Saudi awal pekan ini meminta semua Muslim di Kerajaan untuk melihat bulan sabit Dzulhijjah pada Rabu malam.

Baca Juga: Belum Setahun di Rehab, Jembatan Paringin di Balangan Sudah ‘Bakunat’!

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X