• Sabtu, 10 Desember 2022

Inilah Doa Supaya Tak Kehujanan dan Langit Kembali Cerah! Arab dan Latin

- Senin, 5 September 2022 | 11:47 WIB
Doa agar langit cerah dan tidak hujan bisa dilafalkan sebagai bentuk ikhtiar memohon rahmat-Nya (dok, YouTube)
Doa agar langit cerah dan tidak hujan bisa dilafalkan sebagai bentuk ikhtiar memohon rahmat-Nya (dok, YouTube)

BệBASbaru.com, DUNIA ISLAM – Musim penghujan sudah tiba, tentunya banyak aktivitas yang terganggu, terutama yang bekerja di luar rumah.

Tapi jangan pernah anggap hujan itu bencana, justru sebaliknya, hujan itu berkah dari Allah SWT, walaupun misalnya terjadi banjir, tapi itu semua kesalahan manusia sendiri, yakni merusak alam (hutan) secara serampangan.

Dikutip bebasbaru.com dari beragam sumber, Senin (05/09/2022), menurunkan dan memberhentikan hujan ialah kuasa Allah SWT, yang tiada keraguan di dalamnya. Namun, doa agar langit cerah dan tidak hujan bisa dilafalkan sebagai bentuk ikhtiar memohon rahmat-Nya.

Baca Juga: Lagi Bokek, Jangan Selalu Hutang Jadi Solusi, UAH Berikan Doa Agar Terhindar dari Hutang!

Al-Qur'an telah menyebutkan dalam Surat Hud ayat 44 bahwa atas izin Allah SWT hujan berhenti. Hal tersebut membuat kaum yang ikut Nabi Nuh AS selamat, sedangkan golongan kafir tewas tenggelam.

وَقِيلَ يَا أَرْضُ ابْلَعِي مَاءَكِ وَيَا سَمَاءُ أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاءُ وَقُضِيَ الْأَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُودِيِّ ۖ وَقِيلَ بُعْدًا لِلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Wa qiila yaa arḍubla'ii maa`aki wa yaa samaa`u aqli'ii wa giiḍal-maa`u wa quḍiyal-amru wastawat 'alal-jụdiyyi wa qiila bu'dal lil-qaumiẓ-ẓaalimiin

Dan difirmankan: "Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah," dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: "Binasalah orang-orang yang zalim."

Baca Juga: Amalan Abah Guru Sekumpul: Terhindar Dari Neraka Jahanam dan Bersama Rasulullah SAW Di Akhirat

Doa ini sebenarnya dipanjatkan agar hujan yang turun tidak menyebabkan musibah bagi umat manusia. Namun, doa ini juga bisa dipanjatkan agar langit cerah dan tidak hujan.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Asal Wudhu, Ini Cara Berwudhu Sesuai Ajaran Islam

Kamis, 15 September 2022 | 13:53 WIB
X