• Jumat, 3 Desember 2021

Tak Mau Kalah dengan Tabalong, Balangan pun Kini Nol Kasus Covid-19

- Kamis, 21 Mei 2020 | 10:22 WIB
Balangan pun Kini Nol Kasus Covid-19
Balangan pun Kini Nol Kasus Covid-19

BêBASbaru.com, BALANGAN – Pasien positif Covid-19 dari Kabupaten Balangan, Selasa (19/5) kemarin dinyatakan sembuh. Kabar gembira ini disampaikan oleh juru bicara Gugus Tugas Kabupaten Balangan, Erwan MKL. “Alhamdulillah, pasien karantina Balangan di Ambulung sudah dinyatakan negatif atau sembuh dari corona. Insyaallah esok atau lusa akan dijemput,” ujar Erwan menyiarkan informasi itu melalui grup WhatsApp, Selasa (19/5), menjelang berbuka puasa.


Praktis Kabupaten Balangan memiliki nol kasus untuk positif Covid-19. Kabupaten Balangan pun siap bergerak dari zona kuning menuju zona hijau dalam penyebaran Covid-19. Hal itu juga diyakini Bupati Balangan Ansharuddin, selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 setempat menuturkan. Ia yakin, Kabupaten Balangan akan bebas wabah Covid-19 dan berstatus zona hijau. “Masyarakat di Kabupaten Balangan kompak melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19, serta taat dalam mematuhi anjuran pemerintah.


Ini akan terus kita pertahankan, sampai wabah benar-benar hilang dari seluruh wilayah,” tandasnya. Capaian yang dilakukan Kabupaten Balangan saat ini, tentu tidak terlepas dari sikap sigap Gugus Tugas dalam mendata orang-orang yang kemudian dimasukkan dalam pantauan, serta dengan pengawasan. Tindakan pencegahan dan penanganan Covid-19 pun terus dilakukan secara serius. Dilihat dari besaran anggaran yang disediakan pemerintah daerah setempat, yakni sebesar Rp26 miliar.


Salah satu peruntukkannya yakni bagi warga terdampak secara ekonomi. Namun, dia tetap berharap sikap masyarakat akan kewaspadaan penyebaran Covid-19 ini jangan sampai kendor. “Dengan menurunnya jumlah data penyebaran Covid-19 dan pasien positif Covid-19, bukan berarti bisa bebas Covid-19,” tegasnya.


Yang paling diwaspadai saat ini, kata Ansharuddin, yaitu momen hari raya Idulfitri, yang mana kalai tidak diantisipasi sejak dini, bukan tidak mungkin Balangan akan kebobolan lagi, seiring jumlah warga yang akan pulang kampung ke Bumi Sanggam. “Antisipasi itu, kita sudah memerintahkan kepada kepala desa, Baninsa dan aparat lainnya di desa, agar kalau ada warga yang bari datang segera dilaporkan ke Gugus Tugas atau Puskesmas terdekat,” imbuhnya.



Sumber: kalsel.prokal.co dan berbagai sumber

Editor: Admin

Terkini

Breaking News: Balangan Calap!

Minggu, 28 November 2021 | 11:15 WIB
X