• Sabtu, 13 Agustus 2022

Asam Urat, Ini 6 Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi, Bagus Kalau Dijadikan Kebiasaan!

- Rabu, 18 Mei 2022 | 11:08 WIB
Bagi pengidap penyakit asam urat biasanya setiap bangun pagi merasakan sakit pada persendiannya (dok, Lingkar Kediri-Pikiran Rakyat)
Bagi pengidap penyakit asam urat biasanya setiap bangun pagi merasakan sakit pada persendiannya (dok, Lingkar Kediri-Pikiran Rakyat)

BệBASbaru.com, KESEHATAN – Asam urat adalah penyakit yang tidak mematikan, tapi sangat menyakitkan, karena langsung menyerang tulang sendi manusia.

Bagi pengidap penyakit asam urat biasanya setiap bangun pagi merasakan sakit pada persendiannya. Memang penyakit asam urat adalah penyakit yang hilang timbul.

Mungkin ada yang bertanya, kira-kira buah-buahan apa yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat? Hal ini beralasan, mengingat para pengidap asam urat memiliki rasa takut ketika makan buah-buahan, malahan penyakitnya asam uratnya itu bisa kambuh.

Menurut dokter Saddam Ismail, agar penyakit asam urat tidak kambuh harus memperhatikan makanan yang kita makan, selain itu diperhatikan juga soal gaya hidup supaya penyakit asam uratnya itu tidak kembali kambuh.

"Supaya penyakit asam urat tidak kambuh, teman-teman harus memperhatikan selain gaya hidup, makanan yang dimakan juga harus diperhatikan. Jangan sampai makanan tersebut menjadi pemicu asam urat," kata dokter Saddam Ismail di channel YouTube Saddam Ismail yang tayang pada Minggu, 24 April 2022.

Lebih lanjut, dokter Saddam Ismail menjelaskan bahwa penyakit asam urat itu adalah penyakit sendi atau peradangan sendi. Jadi, ketika kadar asam urat di dalam darah itu terlalu tinggi, kemudian terciptanya kristal-kristal asam urat di sekitar sendi. Itulah yang menjadi pemicu nyeri sendi atau peradangan pada sendi.

Penyakit asam urat akan kambuh, biasanya terjadi sehabis mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan purin. Supaya tidak kambuh, harus menjaga kadar asam uratnya tetap terkendali dan menghindari makan makanan yang tinggi purin.

  1. Buah sitrus

Buah sitrus ini ada banyak jenisnya, misalnya jeruk manis, jeruk Bali, lemon dan jeruk nipis yang dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang bagus bagi penderita asam urat. Khasiat dari vitamin C sendiri bisa menekan peradangan pada penderita asam urat.

  1. Buah beri

Bagi penderita asam urat sebaiknya membatasi makanan yang manis-manis seperti fruktosa dan fruktosa ini juga ada pada buah-buahan. Jika terlalu banyak mengonsumsi fruktosa maka dapat memicu naiknya kadar asam urat di dalam darah. Jadi harus diperhatikan pula jenis buah-buahan yang akan dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Buah beri memiliki kadar fruktosa tidak terlalu tinggi (tidak terlalu manis). Buah-buahan beri itu ada banyak macamnya, termasuk blueberry, blackberry, cranberry, stroberi, dan raspberi. Buah beri mengandung vitamin C yang tinggi sehingga sangat bagus bagi penderita penyakit asam urat.

  1. Kiwi

Buah kiwi mengandung senyawa antioksidan yang tinggi sehingga sangat bagus bagi penderita asam urat karena dapat mengatasi peradangan pada sendi. Buah yang juga dikenal sebagai Gosberi China ini, juga kaya vitamin C, antioksidan, likopen, lutein, vitamin B kompleks, vitamin A, folat dan mengandung mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika kita rutin mengonsumsi buah kiwi maka dapat mencegah kambuhnya penyakit asam urat. Tapi jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi buah kiwi.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X