• Jumat, 1 Juli 2022

Sering Terlambat Menstruasi? Segeralah Periksa ke Dokter! Kamu Harus Tahu Itu Salah satu Gejala PCOS

- Kamis, 19 Mei 2022 | 11:03 WIB
Diketahui, penderita PCOS mengalami kurang dari sembilan menstruasi dalam setahun, lebih dari 35 hari antara periode (dok, Potensi Badung-Pikiran Rakyat)
Diketahui, penderita PCOS mengalami kurang dari sembilan menstruasi dalam setahun, lebih dari 35 hari antara periode (dok, Potensi Badung-Pikiran Rakyat)

BệBASbaru.com, KESEHATAN - Polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau dikenal Sindrom polikistik ovarium adalah gangguan hormonal yang umum terjadi pada wanita usia reproduksi.

Wanita dengan PCOS mungkin memiliki periode menstruasi yang jarang hingga menstruasi terlambat atau kelebihan kadar hormon pria (androgen). Oleh karenanya, kamu harus waspada gejala PCOS.

Penyebab pasti PCOS tidak diketahui meski gejala PCOS bisa dikenali. Terkadang PCOS terjadi karena respons terhadap kenaikan berat badan.

Berikut gejala PCOS sebagaimana dilansir dari Mayo Clinic pada 18 Mei 2022:

Periode tidak teratur dan siklus menstruasi yang jarang adalah tanda PCOS yang paling umum. Penderita PCOS mengalami kurang dari sembilan menstruasi dalam setahun, lebih dari 35 hari antara periode.

Kelebihan androgen. Peningkatan kadar hormon pria dapat menyebabkan tanda-tanda fisik, seperti rambut wajah dan tubuh yang berlebihan (hirsutisme), dan terkadang jerawat parah.

Ovarium polikistik. Indung telur membesar dan mengandung folikel yang mengelilingi telur. Akibatnya, ovarium mungkin gagal berfungsi secara teratur.

Diketahui, tanda dan gejala PCOS biasanya lebih parah jika penderita mengalami obesitas.

Kapan harus ke dokter?

Segeralah ke dokter jika kamu memiliki kekhawatiran tentang periode menstruasi. Terlebih jika kamu mengalami infertilitas atau jika memiliki tanda-tanda kelebihan androgen seperti memburuknya hirsutisme, jerawat dan kebotakan pada pria.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X