• Jumat, 1 Juli 2022

Jangan Anggap Remeh, Ketahui Risiko serta Dampak dari Tindik Bagi Kesehatan Tubuh!

- Kamis, 26 Mei 2022 | 15:04 WIB
Berikut adalah bahaya dari tindik. Simak dan baca artikel dibawah ini! (dok, Alodokter)
Berikut adalah bahaya dari tindik. Simak dan baca artikel dibawah ini! (dok, Alodokter)

BệBASbaru.com, KESEHATAN - Tindik sedang hits di kalangan anak muda, tetapi sebagai individu yang berakal kita harus tahu risiko dan bahayanya dari tindik.

Tindik adalah pembuatan lubang di bagian tubuh untuk menyelipkan perhiasan. Tindik sangat populer, terutama di kalangan remaja dan dewasa muda. Tapi tindikan bisa menyebabkan komplikasi, loh.

Tindik mungkin sedang hits, tetapi jangan anggap remeh tindik. Ketahui risikonya.Dikutip bebasbaru.com dari laman harianhaluan.com melansir dari MayoClinic, berikut adalah bahaya dari tindik:

  1. Reaksi alergi

Beberapa perhiasan tindik, terutama yang terbuat dari nikel, dapat menyebabkan reaksi alergi seperti kemerahan, gatal, dan nyeri.

  1. Komplikasi mulut

Perhiasan yang dikenakan pada tindik lidah dapat membuat gigi patah dan retak serta merusak gusi. Pembengkakan lidah setelah penindikan baru dapat mengganggu pengunyahan dan menelan dan terkadang pernapasan.

  1. Infeksi kulit

Tindik dapat menyebabkan kemerahan, nyeri, bengkak, atau keluarnya cairan seperti nanah setelah penindikan.

  1. Masalah kulit lainnya

Tindik dapat menyebabkan bekas luka dan area terangkat yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jaringan parut (keloid)

  1. Penyakit yang ditularkan melalui darah

Jika peralatan yang digunakan untuk melakukan tindik terkontaminasi darah yang terinfeksi, Anda dapat tertular berbagai penyakit yang ditularkan melalui darah, antara lain hepatitis B, hepatitis C, tetanus, dan HIV.

Kalau kamu ingin tindik hanya untuk mengikuti tren, sebaiknya pikirkan matang-matang ya karena selain meningkatkan infeksi, lubang dari tindik tak akan kembali ke semula.***

Baca Juga: Ingin Tampil Kece Seperti Eonni Korea? Ini Lhoo Tips Tutorial Berdandan Ala Gadis Korea

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X