• Selasa, 9 Agustus 2022

Setelah Melahirkan, Jangan Langsung Hamil Lagi, Ini Tips Hamil Sehat dari para Ahli

- Rabu, 1 Juni 2022 | 11:22 WIB
Bagi bunda, jangan buru-buru hamil lagi, berikan jeda setelah melahirkan (dok, tangkapan layar/hai bunda)
Bagi bunda, jangan buru-buru hamil lagi, berikan jeda setelah melahirkan (dok, tangkapan layar/hai bunda)

 

BệBASbaru.com, KESEHATAN – Dengan alasan agar jaraknya tak terlalu jauh, banyak ibu-ibu yang hanya sebentar kosong, lalu hamil lagi.

Setelah hamil apakah Mom sudah bisa kembali hamil? Bolehkah Mom hamil lagi selang beberapa bulan atau kurang dari satu tahun setelah melahirkan?

Hamil lagi setelah melahirkan bukanlah hal yang mustahil terjadi. Sejak lama kita mengenal yang namanya kesundulan atau hamil anak kedua di waktu yang begitu cepat setelah kelahiran anak pertama. Kesundulan adalah kehamilan anak kedua kurang dari satu tahun dari lahirnya anak pertama.

Mengenai hamil lagi setelah melahirkan ini, jika Mom ingin segera hamil setelah melahirkan pastikan agar kehamilan ini tidak menyebabkan risiko berbahaya bagi Mom maupun janin.

Setelah melahirkan secara normal, rahim membutuhkan waktu setidaknya enam minggu untuk membersihkan diri dan berovulasi. Namun, setiap tubuh memiliki waktu sendiri-sendiri untuk berovulasi.

Setelah waktu enam minggu dan rahim sudah berovulasi, ini memungkinkan Mom untuk bisa hamil lagi. Menstruasi pertama setelah melahirkan menjadi tanda bahwa rahim Mom sudah berovulasi.

Ketika Mom dan suami berhubungan intim di masa ovulasi pertama setelah melahirkan ini, besar kemungkinan Mom bisa hamil lagi. Terlebih ketika Mom memiliki kesuburan yang baik, suami memiliki kualitas sperma yang maksimal dan Mom maupun suami tidak memakai alat kontrasepsi saat melahirkan.

Hamil lagi setelah melahirkan normal mungkin tidak akan menyebabkan risiko berbahaya. Namun, jika Mom sebelumnya melahirkan secara caesar, sebaiknya tunggu samoai 18 hingga 24 bulan lagi jika ingin hamil anak kedua.

Dibandingkan melahirkan normal, melahirkan secara caesar membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama.

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X