• Selasa, 4 Oktober 2022

Pulang dari Luar Negeri, Kasus COVID-19 Melonjak Drastis di Cimahi

- Rabu, 22 Juni 2022 | 10:43 WIB
Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Cimahi meningkat drastis dalam sepekan terakhir. Penyebabnya, terutama karena mobilitas masyarakat hingga transmisi lokal (dok, AFP/REZAS via VOA INDONESIA )
Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Cimahi meningkat drastis dalam sepekan terakhir. Penyebabnya, terutama karena mobilitas masyarakat hingga transmisi lokal (dok, AFP/REZAS via VOA INDONESIA )

BệBASbaru.com, KESEHATAN – Peningkatan dalam minggu-minggu ini yang terpapar COVID-19, di tenggarai karena banyaknya warga yang melakukan perjalana ke Luar Negeri.

Seperti yang terjadi di Cimahi, Jawa Barat ini.

Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Cimahi meningkat drastis dalam sepekan terakhir. Penyebabnya, terutama karena mobilitas masyarakat hingga transmisi lokal.

Berdasarkan data pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, warga Kota Cimahi yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 25 orang.

Pekan lalu sempat menyisakan 3 kasus saja. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi Isnaini mengatakan, salah satu penyebab naiknya kasus Covid-19 adalah bersumber kegiatan mobilitas masyarakat.

"Meningkatnya mobilitas masyarakat menjadi pemicu kasus Covid-19 bertambah, termasuk di antaranya perjalanan ke luar negeri. Ada jemaah umroh yang saat pulang ke Indonesia bergejala. Lalu, memeriksakan secara mandiri dan hasilnya positif. Dia dijemput anak sehingga terjadi penularan," ujar Dwihadi, Selasa 21 Juni 2022.

Dikutip bebasbaru.com dari PikiranRakyat.com, Rabu (22/06/2022), penambahan kasus lain bersumber dari penularan lokal. Sejumlah warga yang merasakan gejala Covid-19 memeriksakan secara mandiri dan hasilnya positif.

"Memang sekarang testing-nya untuk yang bergejala. Jadi, ada beberapa pasien yang bergejala sehingga terdeteksi dan hasilnya positif," katanya.

Dwihadi mengatakan, kenaikan kasus Covid-19 di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 di Kota Cimahi ini, patut diwaspadai.

”Warga agar tidak abai menerapkan protokol kesehatan serta pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di tengah berbagai kelonggaran aktivitas masyarakat,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X