• Selasa, 9 Agustus 2022

Sering Ereksi Saat Bangun Tidur Tanda Sehat, Kalau Tak Mau Ereksi Apa Sebabnya…?

- Senin, 27 Juni 2022 | 09:55 WIB
[ILUSTRASI] Lalu, bagaimana jika penis jarang ereksi pagi? Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab penis jarang ereksi saat bangun tidur pada pagi hari (dok, Tangkapan Layar/Ist)
[ILUSTRASI] Lalu, bagaimana jika penis jarang ereksi pagi? Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab penis jarang ereksi saat bangun tidur pada pagi hari (dok, Tangkapan Layar/Ist)

BệBASbaru.com, KESEHATAN – Bagi semua pria akil baligh, ereksi saat pagi hari adalah hal yang normal, itu menandakan yang bersangkutan sehat wal afiat.

Bagaimana kalau tak mau ereksi, apakah itu juga normal?

Nahh baca artikel berikut ini!

Penis ereski saat bangun tidur pada pagi hari adalah kejadian yang umum dialami para pria. Penuyabab ereksi pagi atau morning wood dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti stimulasi fisik, relaksasi otak, kadar homron testoteron naik, hingga mimpi erotis.

Dalam dunia medis, penis ereksi pada pagi hari dikenal dengan istilah nocturnal penile tumescence (NPT).

Lalu, bagaimana jika penis jarang ereksi pagi? Ada beberapa alasan mengapa pria dewasa jarang atau tidak pernah bangun tidur dengan penis ereksi, yang dkutip bebasbaru.com dari kompas, Senin (27/06/2022).

Sebagian alasan terbilang tidak berisiko, tapi sebagian penyebab lainnya patut diwaspadai. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab penis jarang ereksi saat bangun tidur pada pagi hari:

  1. Tidak terbangun dalam tahapan REM Melansir Verywell Health, ereksi penis dapat terjadi pada fase tidur rapid eye movenemnt (REM) atau gerakan mata cepat, di mana otak dan sistem tubuh sedang aktif, termasuk sistem saraf pada penis.

Kondisi inilah yang kemudian dapat membuat penis ereksi saat tidur maupun sangat bangun tidur. Jadi, jika pria tidak terbangun dalam tahapan REM, maka wajar jika penis tidak ereksi. Apabila pria terbangun pada fes light sleep, maka ereksi tidak akan terjadi. Baca juga: Gejala dan Cara Mengetahui Disfungsi Ereksi

  1. Gejala disfungsi ereksi atau impotensi Jika frekuensi hilangnya ereksi pagi semakin sering atau berkelanjutan, para pria baru boleh waspada. Kondisi ini bisa menjadi tanda dari adanya disfungsi ereksi (DE). Pada kondisi ini, pria mungkin saja mengalami gangguan aliran darah atau saraf yang mengatur fungsi ereksi penis. Kondisi itu juga dapat terjadi akibat kekurangan hormon testosteron. Risiko mengalami disfungsi ereksi akan meningkat apabila pria memiliki masalah obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.
  2. Tidak menerima stimulasi fisik Stimulasi fisik menjadi salah satu faktor penyebab penis ereksi saat bangun tidur pada pagi hari. Meskipun mata tertutup saat tidur, tubuh Anda masih sangat sadar akan apa yang terjadi di sekitar.

Jika Anda atau pasangan Anda secara tidak sengaja meyentuh atau menggosok penis Anda, Anda akan mengalami ereksi pagi. Jadi, tubuh Anda merasakan rangsangan dan merespons dengan ereksi. Begitu juga sebaliknya, jika tubuh tidak menerima ransangan, ereksi pagi mungkin saja tidak akan terjadi.  

  1. Kandung kencing yang tidak penuh Kondisi kandung kencing yang tidak penuh dapat pula menyebabkan ereksi pagi tidak terjadi. Melansir Buku Seks Pria & Wanita: Manfaat, Masalah, dan Solusinya (2019) oleh Dr. dr. Hudi Winarso, M.Kes., Sp.And., kandung kencing yang penuh, secara mekanis akan menyebabkan terhambatnya aliran darah balik.

Darah masih bisa masuk mengalir ke dalam ruangan di dalam penis, sementara darah yang akan meninggalkan penis terhambat oleh kandung kencing yang penuh, maka jadilah penis ereksi.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X