• Selasa, 4 Oktober 2022

Apa Bedanya TAR dan Nikotin, apa yang Terjadi Pada Tubuh bagi Perokok?

- Kamis, 30 Juni 2022 | 22:44 WIB
Lantas benarkah tar vs nikotin berbahaya untuk kesehatan seseorang. Simak penjelasan ahli Toksikologi Universitas Airlangga (dok, Screenshot/Ist/)
Lantas benarkah tar vs nikotin berbahaya untuk kesehatan seseorang. Simak penjelasan ahli Toksikologi Universitas Airlangga (dok, Screenshot/Ist/)

BệBASbaru.com, KESEHATAN – Kebiasaan merokok memang sangat tak baik, tapi kalau seseorang itu sudah kecanduan, sangat sulit berhenti.

Nikotin merupakan salah satu senyawa yang erat kaitannya dengan mereka para perokok.

Bahkan ada yang mengklaim bahwa nikotin merupakan senyawa yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Lantas benarkah nikotin berbahaya untuk kesehatan seseorang. Simak penjelasan ahli Toksikologi Universitas Airlangga, Shoim Hidayat.

Melansir dari Antara, berikut tiga fakta tentang nikotin;

  1. Nikotin Berdampak pada Tubuh Manusia

Nikotin merupakan senyawa kimia yang secara alami terdapat dalam berbagai tumbuhan, seperti kentang, tomat, dan terung. Namun, tembakau menjadi salah satu tanaman yang paling dikenal sebagai sumber yang paling kaya nikotin.

Sama halnya dengan kafein, nikotin bersifat stimulan ringan dan adiktif, sehingga dapat menimbulkan efek ketergantungan.

Kendati sering dituduh sebagai senyawa berbahaya, jika dikonsumsi dalam dosis rendah, nikotin dapat menimbulkan rasa nyaman, rileks, bahkan bisa membantu penggunanya untuk menjadi lebih fokus.

  1. Nikotin tidak bersifat karsinogenik

Nikotin merupakan salah satu senyawa yang secara alami terkandung dalam tembakau yang merupakan salah satu bahan baku rokok. Sekali lagi, nikotin dapat menyebabkan ketergantungan, namun tidak tergolong penyebab penyakit terkait merokok.

Senyawa kimia berbahaya dan berpotensi berbahaya (harmful and potentially harmful chemicals atau HPHC) yang berisiko terhadap kesehatan baru terbentuk saat rokok dibakar. Pembakaran inilah yang menghasilkan asap yang mengandung senyawa-senyawa kimia tersebut.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X