• Selasa, 4 Oktober 2022

Studi Terbaru, Ngopi Ternyata Sangat Baik Bagi Janin! Kok Bisa…Baca Deh Artikel Ini

- Kamis, 7 Juli 2022 | 10:05 WIB
Boleh kah wanita hamil minum kopi? Mari kepoin! (dok, iStock)
Boleh kah wanita hamil minum kopi? Mari kepoin! (dok, iStock)

BệBASbaru.com, KESEHATAN – Boleh kah wanita hamil minum kopi? Ini lah sesuatu yang masih jadi mitos, kalau wanita hamil itu jangan sesekali minum kopi, karean bahaya bagi janin.

Sebenarnya bolehkan wanita hamil itu ngopi…?

Nahh, kini badan Kesehatan Inggris (NHS) saat ini menyarankan ibu hamil tidak mengkonsumsi 200mg kafein per hari atau setara dua gelas kopi.

Namun, studi baru-baru ini menemukan bahwa minum kopi dapat mempengaruhi bayi merangkak atau berjalan pada usia 1 tahun.

Peneliti dari Universitas Hokkaido di Jepang mengklaim bahwa anak yang lahir dari ibu yang hanya mengonsumsi tiga gelas kopi per hari memiliki risiko 1,11 kali lipat lebih tinggi mengalami keterlambatan perkembangan motorik pada usia 12 bulan.

Baca Juga: Selain Bisa Atasi Parkinson dan Alzheimer, Kopi Ternyata Bikin Awet Usia, Ini Penjelasannya!

Sementara itu, kebiasaan seperti merokok dan minum alkohol selama kehamilan diketahui secara luas mempengaruhi perkembangan bayi. Tapi belum ada konsensus tentang efek mengkonsumsi kafein.

"Anda harus membatasi asupan kafein saat Anda mencoba untuk memiliki bayi dan saat hamil," demikian pernyataan NHS Inggris, dikutip dari Daily Mail, Rabu, 6 Juli 2022.

Asupan kafein yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko keguguran dan berat badan bayi baru lahir rendah.

Dalam studi tersebut, para peneliti menetapkan untuk menilai apakah konsumsi kafein bagi ibu mempengaruhi hasil perkembangan pada anak-anak. Tim menganalisis data dari 87.106 ibu dalam studi nasional di Jepang.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X