• Selasa, 4 Oktober 2022

Melahirkan di Puskesmas Atau Rumah Sakit Gratis, Baik Normal Atau Caesar! Ini Syaratnya

- Selasa, 19 Juli 2022 | 10:15 WIB
[ILUSTRASI] Seorang ibu melahirkan  (dok, Screenshot/Ist)
[ILUSTRASI] Seorang ibu melahirkan (dok, Screenshot/Ist)

BệBASbaru.com, KESEHATAN – Bagi ibu hamil, mulai sekarang jangan takut lagi kalau ingin melahirkan ke rumah sakit, misalnya tak punya ongkos.

Negara sudah menjamin tak ada biaya apapun kalau ingin melahirkan, baik normal ataupun caesar!

Orang Nomor 1 di Republik ini, yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengeluarkan aturan baru terkait biaya persalinan ibu hamil yang saat ini bisa ditanggung oleh negara

Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan Bagi Ibu Hamil, Bersalin, Nifas, dan Bayi Baru Lahir melalui Program Jaminan Persalinan.

Baca Juga: ASI nya Ngadat, Ibu Cantik Ini Tak Pusing Langsung Sodorin Ke Suaminya Untuk Menyusui, Hasilnya?

Peraturan terkait biaya persalinan ibu hamil itu mulai berlaku sejak dikeluarkan pada tanggal 12 Juli 2022 lalu.

Peraturan itu diterbitkan dalam rangka peningkatan akses pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan kepada ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir yang memenuhi kriteria fakir miskin dan orang tidak mampu serta tidak memiliki jaminan kesehatan untuk mencegah kematian ibu dan bayi di Indonesia.

“Untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir melalui Program Jaminan Persalinan (Jampersal) yang disesuaikan dengan manfaat dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional,” kata Presiden Jokowi dikutip dari situs resmi Setkab.

Baca Juga: Mana Lebih Baik, Minum Vitamin C Atau Makan Buah Plus Sayur? Baca Deh Ini

Di dalam Inpres juga dijelaskan mengenai ketentuan pendanaan untuk peningkatan akses pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bersalin, nifas, dan bayi baru lahir melalui Program Jampersal.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X