• Sabtu, 28 Mei 2022

Dahsyatnya Perang Dunia I Tahun 1914-1918, Empat Dinasti Kekaisaran Besar Tumbang!

- Rabu, 12 Januari 2022 | 21:37 WIB
Perang Dunia I adalah salah satu titik balik besar sejarah geopolitik abad ke-20 (dok, Cerdika)
Perang Dunia I adalah salah satu titik balik besar sejarah geopolitik abad ke-20 (dok, Cerdika)

BệBASbaru.com, SEJARAH-POST - Perang Dunia I dikenal sebagai perang besar. Perang ini berawal pada 1914 setelah terjadinya pembunuhan Archduke Franz Ferdinand dari Austria. Peristwa itu memicu perang di seluruh Eropa yang berlangsung hingga 1918.

Ketika Perang Dunia I, Jerman, Austria-Hongaria, Bulgaria, dan Kekaisaran Ottoman (Turki Ustmani) sebagai kekuatan sentral perang melawan kekuatan sekutu yang terdiri dari Inggris Raya, Prancis, Rusia, Italia, Rumania, Jepang, dan Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Laksamana Iran Tebar Ancaman Negaranya Siap Serang Amerika Besar-besaran, Tunggu Waktunya!

Perang Dunia I adalah salah satu titik balik besar sejarah geopolitik abad ke-20. Hal ini menyebabkan empat dinasti kekaisaran besar di Jerman, Rusia, Austria-Hongaria, dan Turki runtuh.

Selain itu, juga mengakibatkan Revolusi Bolshevik di Rusia, ketidakstabilan masyarakat Eropa, serta menjadi dasar Perang Dunia II.

Percikan yang menyulut Perang Dunia I terjadi di Sarajevo, Bosnia. Kala itu, Archduke Franz Ferdinand yang merupakan pewaris Kekaisaran Austria-Hungaria ditembak mati bersama istrinya, Sophie.

Archduke Franz Ferdinand dan sang istri ditembak oleh nasionalis Serbia, Gavrilo Princip pada 28 Juni 1914.

Gavrilio Princip dan para nasionalis lainnya berjuang untuk mengakhiri kekuasaan Austria-Hungaria atas Bosnia dan Herzegovina.

Baca Juga: Selain Iran, Musuh Amerika Lainnya Rusia Siap Respon Kekuatan Militer Jika Paman Sam Pamer Senjata di Eropa  

Pembunuhan tersebut kemudian memicu rangkaian peristiwa yang terjadi dengan cepat. Austria-Hongaria menyalahkan pemerintah Serbia atas serangan tersebut.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X