• Sabtu, 28 Mei 2022

Baju Satpam Terlalu Mirip Polisi Segera Berubah Warna Lagi Jadi Krem, Mirip ASN Donk!

- Kamis, 13 Januari 2022 | 10:34 WIB
Warna seragam satpam saat ini terlalu mirip dengan seragam polisi hingga membuat masyarakat bingung. (dok, Kompas.com)
Warna seragam satpam saat ini terlalu mirip dengan seragam polisi hingga membuat masyarakat bingung. (dok, Kompas.com)

BệBASbaru.com, NASIONAL - Polri bakal mengganti warna seragam Satpam dari cokelat muda menjadi warna krem. Alasannya, warna seragam satpam saat ini terlalu mirip dengan seragam polisi hingga membuat masyarakat bingung.

Awalnya seragam satpam warna cokelat yang mirip polisi termuat dalam Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Perkap ini, kala itu, ditandatangani Jenderal Idham Azis pada 5 Agustus 2020.

Baca Juga: Sebut Nasi Lemak Bungkus Daun Pisang Simbol Illuminati dan Klelepon Tak Islami, Ustaz Ini di Olok Kocak Netter

Saat itu, diputuskan ada lima jenis pakaian dinas satpam, yakni Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Warna cokelat pada seragam satpam disebut memiliki filosofis tersendiri, yakni warna alami yang identik dengan warna tanah dan kayu. Cokelat juga melambangkan kebersahajaan hingga kejujuran.

Baca Juga: Kerugian Konstitusional Nol dan Sudah 14X di Tolak MK, Gatot Nurmantyo Cs Tetap Ngeyel Gugat Hapus PT 20%

Polri saat itu berharap kesamaan warna seragam satpam dengan polisi dapat menciptakan jalinan emosional antarkeduanya. Menurut Polri, satpam juga bertugas menjaga keamanan dan ketertiban.

"Filosofi kemiripan seragam satpam dengan Polri diharapkan dapat terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas," ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri saat itu, Brigjen Awi Setiyono, di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/9/2020) lalu.

SUMBER: detik.com

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X