• Rabu, 26 Januari 2022

Anggota DPR Ini Tuding 'Ratu Batu Bara' Kaltim Dikenal Licin dan Rusak Infrastruktur di Daerah Kaya SDA Itu

- Jumat, 14 Januari 2022 | 13:46 WIB
Inikah Tan Paulin (kanan dari depan) yang disebut Ratu Batubara di Kaltim? (dok, iNews.com)
Inikah Tan Paulin (kanan dari depan) yang disebut Ratu Batubara di Kaltim? (dok, iNews.com)

BệBASbaru.com, INVESTIGASI - Nama Tan Paulin tiba-tiba mencuat dalam rapat kerja antara Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Komisi VII DPR RI. Munculnya nama ini kemudian memicu debat panas antara Arifin Tasrif dan anggota Komisi VII.

Nama tersebut disinggung Anggota Komisi VII Fraksi Demokrat Muhammad Nasir saat membahas pengawasan tambang. Awalnya, ia mengatakan, batu bara kerap dicuri tapi orang tersebut tidak ditangkap.

Baca Juga: Rusaknya Garuda Indonesia: Kata Erick Thiohir Minim Rute, Kebanyakan Pesawat, Sewa Kemahalan

"Masalah pengawasan tambang juga, saya nggak tahu inspektur ini di mana, batu kita hilang terus, dan sampai ada disebut-sebut ratu batu bara, tapi nggak ditangkap-tangkap ini orang," katanya di dalam rapat, Kamis (13/1/2022).

"Ada namanya siapa tadi, ini produksinya 1 juta 1 bulan, siapa orang ini, tapi nggak ada laporan ESDM ke kita, Tan Paulin namanya. Saya bilang tangkap orang ini, siapa yang melindungi orang ini," sambungnya.

Nasir selanjutnya menyebut, ulah pemain batu bara itu membuat infrastruktur di Kalimantan Timur rusak.

"Ini batu curian tapi bisa dijual ke luar negeri, kan kacau nih. Semua tahu pemain batu bara dan tambangnya diambil mereka semua. Waktu kita kunjungan Kalimantan Timur ini yang dibicarakan pak. Gara-gara dia infrastruktur yang dibangun pemda rusak semua," katanya.

Baca Juga: KPK Pastikan Bendahara Partai Demokrat Balikpapan Ikut Jadi Tersangka Kasus Bupati PPU

Kemudian, ia menyinggung aliran dana dan kementerian. Apalagi, ia menyebut uang yang dihasilkan batu bara ini cukup besar.

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X