• Rabu, 26 Januari 2022

Alasan Opong Luhut Kenapa Keran Ekspor Batu Bara Dibuka Walaupun Masih Dilarang, Apa Itu?

- Jumat, 14 Januari 2022 | 13:53 WIB
Ironis memang, RI negara produsen, tapi pengusaha malah jual ke LN karena harga lebih mahal, di negeri sendiri krisis energy dan alam hancur lebur (dok, bergelora.com)
Ironis memang, RI negara produsen, tapi pengusaha malah jual ke LN karena harga lebih mahal, di negeri sendiri krisis energy dan alam hancur lebur (dok, bergelora.com)

 

BệBASbaru.com, BISNIS - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan 37 kapal pengangkut batu bara siap berlayar ke negara-negara tujuan ekspor. Hal itu disampaikan Luhut pada Rabu (12/1) malam.

Baca Juga: Anggota DPR Ini Tuding 'Ratu Batu Bara' Kaltim Dikenal Licin dan Rusak Infrastruktur di Daerah Kaya SDA Itu

"37 kapal yang sudah diisi dengan batu bara dan siap ekspor hari ini, siap rilis dan mulai jalan," kata Luhut kepada wartawan di kantor Kemenkomarves kemarin Rabu (12/1/2022).

Namun lewat keterangan tertulisnya hari ini, Luhut menyatakan larangan ekspor batu bara belum dicabut. Jadi, mengenai 37 kapal yang sudah diizinkan melakukan ekspor batu bara, pemerintah menimbang stok dalam negeri yang sudah dalam kondisi aman berdasarkan laporan dari PT PLN (Persero).

"Maka untuk 37 kapal yang sudah melakukan loading per tanggal 12 Januari dan sudah dibayarkan oleh pihak pembelinya akan di-release untuk melakukan ekspor," kata Luhut dalam keterangan tertulis dikutip detikcom, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: Rusaknya Garuda Indonesia: Kata Erick Thiohir Minim Rute, Kebanyakan Pesawat, Sewa Kemahalan

Hal itu dirasa perlu dilakukan demi menghindari risiko terjadinya kebakaran jika batu bara tersebut terlalu lama dibiarkan.

"Namun perusahaan-perusahaan batu bara yang mensuplai untuk kapal-kapal tersebut akan dikenakan denda berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 139 Tahun 2021 jika belum memenuhi kewajiban DMO dan/atau kontrak kepada PLN di tahun 2021," tegasnya.

Pengusaha tambang pun menanti kejelasan pemerintah mengenai kebijakan ekspor batu bara pasca adanya pelarangan per 1 Januari 2022.

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga CPO Makin Mehongg Nih...Gimana Nasib Migor?

Minggu, 23 Januari 2022 | 14:31 WIB
X