• Sabtu, 28 Mei 2022

Mulai Lafalkan ‘Nusantara’ Karena Inilah Nama Ibukota Republik Indonesia

- Senin, 17 Januari 2022 | 20:26 WIB
Nama ibu kota baru dengan nama Nusantara telah disepakati oleh Presiden Jokowi, diumumkan saat rapat bersama Panja RUU IKN (dok, Tribun Banten)
Nama ibu kota baru dengan nama Nusantara telah disepakati oleh Presiden Jokowi, diumumkan saat rapat bersama Panja RUU IKN (dok, Tribun Banten)

BệBASbaru.com, NASIONAL - Nama ibu kota baru diumumkan oleh pemerintah dengan nama Nusantara. Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebut ada 80 usulan nama ibu kota sebelum akhirnya terpilih nama Nusantara.

Nama ibu kota baru dengan nama Nusantara ini disebut telah disepakati oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keputusan tersebut telah diumumkan saat rapat bersama Panja RUU Ibu Kota Negara (IKN) pada Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Demokrat Moeldoko: AHY Pasti Tahu Permainan Kotor Anak Buahnya Terkait Musda PD di Kaltim dan Daerah Lain

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait fakta-fakta nama ibu kota baru, mari simak informasi lengkap berikut ini.

Kepala Bappenas Suharso mengatakan, Presiden Jokowi baru saja menyetujui nama ibu kota negara pada Jumat (14/1) lalu. Dia menyebut Jokowi setuju dengan nama Nusantara.

"Ini saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada hari Jumat. Jadi ini sekarang hari Senin, pada hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara," kata Suharso saat rapat bersama Panja RUU IKN, di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Darurat Perppu, Alasan Baru Dilantik Kelak Presiden-Wapres Baru Langsung Hadapi Pilkada Serentak

Berdasarkan pengakuannya, Suharso menjelaskan awalnya nama ibu kota baru Indonesia belum diisi dalam surpres Jokowi. Dia mengatakan pihaknya sempat menahan nama itu lantaran belum mendapat konfirmasi oleh Jokowi.

"Mengenai nama ibu kota titik-titik itu, memang semula sudah ingin dimasukkan pada waktu penulisan surpres itu, tapi kemudian ditahan," kata Suharso saat rapat tersebut.

Alasan Nama Ibu Kota Baru adalah Nusantara

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X