• Jumat, 1 Juli 2022

Disuruh Hakim Jujur Bag 1: Azis Syamsuddin Ngaku Khilaf Transfer Uang Ke AKP Robin

- Selasa, 18 Januari 2022 | 20:49 WIB
Azis Syamsuddin diimbau majelis hakim untuk jujur dalam memberikan keterangan sebagai terdakwa di pengadilan (dok, Kompas.com)
Azis Syamsuddin diimbau majelis hakim untuk jujur dalam memberikan keterangan sebagai terdakwa di pengadilan (dok, Kompas.com)

BệBASbaru.com, HUKUM-POST - Mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin diimbau majelis hakim untuk jujur dalam memberikan keterangan sebagai terdakwa di pengadilan. Azis didakwa terkait kasus mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju.

"Majelis meminta agar Saudara memberikan keterangan yang jujur di pemeriksaan ini, karena kalau Saudara jujur dalam memberikan keterangan maka itu akan menjadi variabel yang dapat menjadi pertimbangan meringankan Saudara, jika Saudara terbukti melakukan tindak pidana yang didakwakan," ujar Hakim Ketua, Muhammad Damis kepada Azis di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (17/1/2022).

 Baca Juga: Bedanya KPK dan Kejagung, Berkas Laporan Masuk Tapi Belum Putuskan Kasus Garuda Naik penyidikan  

Hal itu disampaikan Hakim Damis sebelum memeriksa Azis. Menjawab imbauan itu, Azis pun mengiyakan.

Selain Robin, Azis juga didakwa menyuap Maskur Husain. Total nominal suap Azis Syamsuddin kepada keduanya sekitar Rp 3,6 miliar.

Jaksa mendakwa Azis menyuap karena AKP Robin, selaku penyidik KPK, saat itu mengurus kasus dugaan korupsi yang melibatkan nama Azis dan Aliza Gunado. Azis disebut jaksa memberi suap agar dia dan Aliza Gunado tidak menjadi tersangka KPK berkaitan dengan kasus DAK Lampung Tengah 2017.

Baca Juga: Makian Politisi Partai Demokrat di RDP Berbuntut Bag 2: Jangan Berlindung Dibalik Imunitas Anggota Dewan!  

Berikut 5 kesaksian Azis usai diminta jujur oleh hakim:

  1. Khilaf Transfer Uang ke AKP Robin

Azis Syamsuddin mengaku khilaf memberikan uang, yang disebut sebagai pinjaman, Rp 210 juta ke AKP Robin. Azis mengaku, saat mengirim uang itu, pikirannya sedang kalut.

Awalnya jaksa KPK Heradian Salipi bertanya apakah Azis memiliki rasa khawatir ketika memberikan uang Rp 200 juta yang disebut Azis sebagai pinjaman itu. Namun Azis tidak menjawab tidak sesuai dengan konteks. Azis mengaku dia tahu etika di KPK.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiara Marleen Ingin Damai, H Faisal Ogah!

Rabu, 22 Juni 2022 | 21:35 WIB
X