• Sabtu, 28 Mei 2022

Tenaga Honorer Terancam Pemerintah Akan Hapus Tahun 2023! PHK Besar-besaran Tahun Ini

- Minggu, 23 Januari 2022 | 14:08 WIB
Sudah honornya minim, tahun depan kebijakan honorer juga akan di hapuskan pemerintah (dok, liputan6.com)
Sudah honornya minim, tahun depan kebijakan honorer juga akan di hapuskan pemerintah (dok, liputan6.com)

 

BệBASbaru.com, NASIONAL - Tenaga honorer tak lama lagi tidak akan dijumpai di berbagai instansi pemerintah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PANRB memastikan penghapusan status tenaga honorer terhitung 2023.

Baca Juga: Weww…Agar Ke Amrik Hanya Butuh 2 Jam, Elon Musk Minta Jatah Bandara di IKN Nusantara!

Status pegawai pemerintah di 2023 nanti hanya ada 2, yakni Pegawai Negeri Sipil atau PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK. Keduanya disebut Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Terkait penghapusan tenaga honorer, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyarankan beberapa pekerjaan di instansi pemerintahan.

Seperti sekuriti dan petugas kebersihan, dapat dipenuhi melalui tenaga alihdaya melalui pihak ketiga atau pekerja outsourcing.

Bagaimana nasib tenaga honorer saat statusnya dihapus pada 2023? Apakah mereka dapat mengikuti seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN?

Baca Juga: Diganti Jadi Kuasa Hukum, Razman Arif Nasution Tagih Gajinya Kepada Richard Lee Rp 20 Miliar

Keputusan tersebut sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang menyatakan pegawai non-PNS di instansi pemerintah melaksanakan tugas paling lama hingga 2023.

"Terkait tenaga honorer, melalui PP diberikan kesempatan untuk diselesaikan sampai dengan tahun 2023," kata Tjahjo Kumolo dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (20/1/2022).

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X