• Selasa, 9 Agustus 2022

Kaltim Kini Siaga Karhutla, Sudah Terdapat 11 Hotspot di Tiga Kabupaten

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 10:22 WIB
Peristiwa kebakaran lahan (dok, ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp)
Peristiwa kebakaran lahan (dok, ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp)

BệBASbaru.com, DAERAH-Balikapapan – Musim kemarau momok Karhutla makin jadi ancaman, apalagi wilayah Kaltim yang merupakan langganan karhutla sejak dulu

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan kembali mendeteksi adanya 11 titik panas (hot spot), pada tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Sebanyak 11 hot spot tersebut terpantau pada Jumat (17/6) mulai pukul 01.00 wita hingga pukul 17.00 wita yang tersebar di tiga kabupaten/kota," ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Sabtu.

Sebaran 11 hot spot tersebut langsung ia informasikan ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik Provinsi Kaltim maupun kabupaten/kota setempat, guna memperoleh penanganan lebih lanjut.

Dikutip bebasbaru.com dari Antara.com, Sabtu (18/06/2022), adapun 11 hot spot yang tersebar pada tiga kabupaten/kota di Kaltim hari ini adalah di Kota Samarinda ada 1 hot spot, di Kabupaten Kutai Kartanegara 3 hot spot, dan di Kabupaten Kutai Timur terdapat 7 hot spot.

Rinciannya adalah hot spot di Kota Samarinda berada di Kecamatan Samarinda Utara dengan tingkat kepercayaa menengah, pada titik koordinat 117.2594 bujur dan -0.4474 lintang.

Untuk 3 hot spot di Kabupaten Kutai Kartanegara terdeteksi di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Loa Janan terdapat 2 titik panas dan Kecamatan Loa Kulu terdeteksi 1 titik. Ketiganya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Sedangkan 7 titik panas yang terpantau di Kabupaten Kutai Timur tersebar pada tiga kecamatan, yakni 3 hot spot di Kecamatan Sangatta Utara, 3 hot spot di Kecamatan Kaubun, dan 1 hot spot lagi di Kecamatan Bengalon.

"Semua hot spot di Kabupaten Kutai Timur ini memiliki tingkat kepercayaan menengah. Ke-11 hot spot yang terpantau hari berada di titik koordinat yang berbeda dengan hot spot yang terpantau sebelumnya, meski berada di kecamatan yang sama," kata Iwan.~~~

Baca Juga: Warga Banjarmasin Bingung Musim Kemarau Banjir Rob Tetap Rendam Rumah Mereka

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X