• Jumat, 1 Juli 2022

Sediakan Air Buat IKN Baru, Bendungan Sepaku Semoi dan Persemaian Mentawir Mulai Dikerjakan

- Rabu, 22 Juni 2022 | 20:43 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Presiden Jokowi, dan Ketua DPR Puan Maharani meninjau lokasi Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022)   (dok, Sekretariat Presiden )
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Presiden Jokowi, dan Ketua DPR Puan Maharani meninjau lokasi Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022) (dok, Sekretariat Presiden )

BệBASbaru.com, DAERAH-Balikpapan – Seakan ingin menunjukan kalau rencana pemindahan ibukota bukan hanya pencitaraan, proyek pembangunan dasar Ibu Kota Negara (IKN) di Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur telah dimulai.

Hal itu sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi yang minta pembangunan di percepat!

Dan itu di tandai dengan bergulirnya pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dan Persemaian Mentawir.

Pembangunan dua proyek di lokasi tersebut seolah menjadi tanda bahwa Indonesia dipastikan akan memiliki ibu kota baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan adanya bendungan Persemaian Mentawir menunjukkan pembangunan di IKN sangat memerhatikan kelestarian lingkungan.

Disampaikan Jokowi, air baku dari Bendungan Sepaku Semoi akan diolah untuk memasok kebutuhan air bagi 1,5 juta penduduk. Air yang akan disalurkan dipastikan air siap minum.

"Untuk air yang disalurkan adalah air siap minum," ujar Jokowi saat meninjau Bendungan Sepaku Semoi dan Persemaian Mentawir, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono juga memastikan air yang akan disalurkan ke penduduk dalam kondisi siap minum.

"Kalau (air) enggak bisa diminum langsung, percuma (ibu kota) kita pindah," ucap Basuki yang turut ikut menemani Jokowi.

Jokowi pun meminta proses pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dan Persemaian Mentawir dipercepat.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X