• Selasa, 9 Agustus 2022

Benarkah Hantu Kuyang Kabur Liat Tali Ijuk? Baca Deh Artike Ini ya Guys!

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 10:44 WIB
Kuyang di Kalimantan mempunyai minyak sakti yang disebut minyak Kuyang. Konon, minyak tersebut merupakan sumber kekuatan Kuyang (dok, YouTube/BarsiliZone)
Kuyang di Kalimantan mempunyai minyak sakti yang disebut minyak Kuyang. Konon, minyak tersebut merupakan sumber kekuatan Kuyang (dok, YouTube/BarsiliZone)

BệBASbaru.com, DAERAH-Banjarmasin – Hantu Kuyang bagi warga Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan antara ada dan tiada.

Dibilang ada, tapi sampai kini belum ada yang berani bersaksi melihat langsung hantu yang dikabarkan hanya terdiri dari kepala manusia dan juga usus-usus yang terburai lalu terbang ke sana kemari, tujuannya untuk mengisap darah orang yang baru melahirkan.

Konon, hantu kuyang itu merupakan salah satu syarat bagi seorang wanita agar tetap tampil awet cantik dan mudah menundukan seorang pria dan tentu saja di tambah sebagai ilmu pesugihan.

Hantu Kuyang populer di Pulau Kalimantan. Masyarakat di sana sudah tidak asing lagi dengan Kuyang dan segala mitosnya.

Hantu kuyang disebut-sebut bisa melepaskan kepala dari tubuhnya, lalu terbang sambil menampakkan organ tubuh berupa jantung, hati, dan ginjal.

Sebagian masyarakat percaya, Kuyang akan muncul dengan diiringi cahaya api berwarna merah.

Ada pula mitos yang menyebutkan bahwa Kuyang merupakan manusia biasa yang berbaur dengan masyarakat pada siang hari, namun akan berubah jadi makhluk halus yang bergentayangan pada saat malam.

Kuyang disebut-sebut akan berubah menjadi hewan kecil seperti burung atau kucing saat bergentayangan pada malam hari.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari buku Kumpulan Kisah Nyata Hantu di 13 Kota, Kuyang gemar menghisap darah bekas perempuan yang baru melahirkan, dan dilansir bebasbaru.com, Sabtu (25/06/2022).

Sedangkan dalam buku Hantu: dari Suster Ngesot sampai Sundel Bolong, dijelaskan bahwa Kuyang takut kepada tali ijuk.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X