• Selasa, 4 Oktober 2022

Sejak Dulu Pemuda Tak Sabaran, Melihat Soekarno-Hatta Ragu, Terjadilah Peristiwa Reangasdenglok, Hasilnya?

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:55 WIB
Soekarno-Hatta terpaksa mengikuti kemauan para pemuda, agar segera mengumumkan Proklamasi RI 17 Agustus 1945, setelah diawali ketegangan dan berujung pencullikan (dok, arsip nasional)
Soekarno-Hatta terpaksa mengikuti kemauan para pemuda, agar segera mengumumkan Proklamasi RI 17 Agustus 1945, setelah diawali ketegangan dan berujung pencullikan (dok, arsip nasional)

BệBASbaru.con, NASIONAL – Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 2022 sebentar lagi, tapi tahukah generasi Z sekarang ini, kalau kemerdekaan itu bukan didapat dengan mudah.

Soekarno dan Hatta yang di dapuk sebagai pemimpin justru harus bentrok dengan para pemuda yang tak sabaran agar Republik Indonesia segera umumkan kemerdekaan.

Soekarno yang saat itu berusia 45 tahunan di hadapkan pada gerakan orang-orang muda yang sedang punya semangat besar untuk lepas dari cengkraman penjajah.

Baca Juga: Imbas Ferdy Sambo, 30 Sebagian Besar Perwira Polisi Masuk Kotak Pandora!

Soekrano dan Hatta tetap menolak keinginan kaum muda dengan berbagai pertimbangan, para pemuda jadinya tak sabaran.

Mereka lalu menculik dua proklamator ini, tak mau tahu apapun, pokoknya harus MERDEKA!!!

Ketegangan itulah yang terjadi pada Kamis, 16 Agustus 1945, Saat itu terjadi peristiwa pengasingan Soekarno (Bung Karno) dan Mohammad Hatta (Bung Hatta) oleh golongan muda.

Peristiwa Rengasdengklok merupakan salah satu bagian dari sejarah kemerdekaan Indonesia. Dari peristiwa itulah, Indonesia berhasil memproklamirkan kemerdekaannya pada Jumat, 17 Agustus 1945. Dari peristiwa itu juga Indonesia murni merdeka karena perjuangan rakyatnya.

Baca Juga: Sukses Penjarakan Sahabat Sendiri, Kapolri Lulus Ujian!

Halaman:

Editor: Redaktur

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sudah Panas Jelang BBM Naik, Ini Trik Pemerintah!

Selasa, 30 Agustus 2022 | 22:00 WIB
X