• Sabtu, 10 Desember 2022

Banyak Memakan Korban Jiwa, Ternyata ini 3 Faktor yang Memicu Adanya Gempa di Cianjur. Apa Saja?

- Kamis, 24 November 2022 | 10:35 WIB
Faktor yang memicu Gempa Bumi di Cianjur yang banyak memakan korban jiwa dan merusak permukiman warga (dok, Kolase Image/Tangkapan Layar)
Faktor yang memicu Gempa Bumi di Cianjur yang banyak memakan korban jiwa dan merusak permukiman warga (dok, Kolase Image/Tangkapan Layar)

BEBASBARU.COM, DAERAH – Belum lama ini kabar duka datang dari daerah Cianjur, Jawa Barat yang mengalami gempa bumi pada, Senin (21/11) pukul 13/21 WIB.

Gempa bumi di Cianjur ini juga memicu banyaknya kerusakan permukiman warga dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,6 itu terletak di darat pada koordinat 107,05 BT dan 6,84 LS, berjarak sekitar 9,65 km barat daya Kota Cianjur atau 16,8 km timur laut Kota Sukabumi dengan kedalaman 10 km.

Baca Juga: Pesona Cianjur Kampungnya Bidadari Terkenal Gadisnya Cantik Di Atas Rata-rata, Ada yang Mirip Anya Geraldine!

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (22/11) pukul 17.00 WIB, korban meninggal akibat gempa mencapai 268 jiwa, yang teridentifikasi 122 jenazah, yang masih hilang 151 orang, dan korban luka mencapai 1.083 orang.

1. Kedalaman

Kedalaman pusat gempa biasanya dinyatakan dalam hiposenter atau hipsentrum. Dikutip dari Magma Indonesia, Hiposenter sendiri berarti "di bawah pusat". Ini merupakan titik di dalam bumi yang menjadi pusat gempa bumi, dinyatakan dalam lintang, bujur dan kedalaman.

Berdasarkan kedalamannya, gempa bumi biasanya terbagi tiga.

Pertama, gempa bumi dangkal adalah gempa bumi yang hiposenternya kurang dari 60 km dari permukaan bumi. Gempa bumi ini biasanya menimbulkan kerusakan yang besar meski tak selalu. Contohnya adalah gempa Cianjur.

Halaman:

Editor: Yeyen Rusmita Agustin

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X