• Jumat, 3 Desember 2021

Kurangi Impor Batubara, Kini China Krisis Listrik, Tiap Hari Pemadaman Bergilir Warga Samakan Seperti Hidup di Korut!

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 08:06 WIB
Warga Beijing keluhkan sering mati listrik, mereka samakan bak hidup di Korea Utara (dok, wikiwand)
Warga Beijing keluhkan sering mati listrik, mereka samakan bak hidup di Korea Utara (dok, wikiwand)

BệBASbaru.com, DUNIA-BEIJING- Krisis pasokan listrik di China kian memburuk hingga menyebabkan pemadaman massal di sejumlah provinsi dalam beberapa waktu terakhir. Sejumlah masyarakat China mengatakan pemadaman listrik sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Salah satu warga bahkan mengatakan dalam sehari rumahnya bisa kena pemadaman listrik hingga 8 kali.



"Pemadaman listrik delapan kali sehari, empat hari berturut-turut... Saya tidak bisa berkata-kata," tulis salah satu warga dari Liaoning di komentar media lokal Beijing News. Beberapa warga lainnya bahkan menganggap krisis listrik menjadikan hidup di China dalam beberapa waktu terakhir seperti hidup di Korea Utara yang terisolasi.



"Ini seperti tinggal di Korea Utara," tulis warga lainnya seperti dikutip AFP. Tak hanya perumahan warga, krisis listrik di China juga merugikan berbagai pabrik dan industri perekonomian lainnya. Beberapa pusat perbelanjaan dan mall di China terpaksa tutup lebih awal lantaran harus menghemat pasokan listrik.



Akibat pemadaman massal yang kerap terjadi, warga di China juga mulai memborong lilin sebagai sumber penerangan alternatif. Banyak toko kelontong di sejumlah daerah mengandalkan lilin agar bisa tetap beroperasi ketika pemadaman listrik berlangsung.



Krisis listrik pun memicu kekacauan lainnya di China. Sebuah pabrik di timur laut Liaoning terpaksa melarikan 23 pekerja ke rumah sakit karena keracunan karbon monoksida setelah ventilator tiba-tiba berhenti bekerja selama pemadaman listrik.

Halaman:

Editor: Admin

Tags

Terkini

X