• Jumat, 3 Desember 2021

Usai Singkirkan Presiden Berkuasa, Pemimpin Kudeta Guinea Dilantik Jadi Presiden Interim

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 10:45 WIB
Pemimpin kudeta militer Guinea, Mamady Doumbouya akhirnya di lantik jadi Presiden Guinea (dok, kompas.com)
Pemimpin kudeta militer Guinea, Mamady Doumbouya akhirnya di lantik jadi Presiden Guinea (dok, kompas.com)

BệBASbaru.com, DUNIA-GUINEA - Pemimpin kudeta militer Guinea, Mamady Doumbouya, dilantik menjadi presiden interim negara itu pada Jumat (1/10) waktu setempat. AFP melaporkan bahwa Doumbouya dilantik oleh Jaksa Agung Guinea, Mamadou Sylla, menjadi presiden interim untuk jangka waktu yang belum ditentukan.



Dalam upacara pelantikan itu, Doumbouya berjanji akan menghormati komitmen mereka kepada dunia untuk melancarkan transisi hingga Guinea memiliki pemerintahan sipil. Doumbouya bersumpah bahwa baik dia maupun anggota junta militer lainnya tak akan menghalangi pemilihan umum di masa transisi ini.



Ia mengatakan bahwa fokus pemerintahannya saat ini adalah untuk "membentuk kembali negara" dengan menyusun konstitusi baru, memberantas korupsi, mereformasi sistem pemilu, dan akhirnya membangun "pemilu yang bebas, kredibel, dan transparan."



Doumbouya mengambil alih pemerintahan setelah memimpin kudeta terhadap Presiden Alpha Conde pada 5 September lalu. Conde sendiri merupakan presiden Guinea pertama yang dipilih secara demokratis melalui pemilu pada 2010. Ia kemudian kembali terpilih pada pemilu 2015. Namun, popularitas Conde mulai merosot sejak tahun lalu. Saat itu, ia meloloskan konstitusi kontroversial yang membuatnya dapat kembali mencalonkan diri sebagai presiden di periode ketiga.



SUMBER: Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

Halaman:

Editor: Admin

Tags

Terkini

X