• Kamis, 30 Juni 2022

Erdogan Tetap Tolak Bergabungnya Swedia-Finlandia ke NATO, Karena Lindungi Teroris!

- Jumat, 20 Mei 2022 | 19:58 WIB
Keberatan Turki atas bergabungnya Finlandia dan Swedia telah mengejutkan anggota NATO lainnya (dok, Isu Bogor-Pikiran Rakyat)
Keberatan Turki atas bergabungnya Finlandia dan Swedia telah mengejutkan anggota NATO lainnya (dok, Isu Bogor-Pikiran Rakyat)

BệBASbaru.com, INTERNASIONAL-Istanbul – Keinginan Finlandia dan Swedia gabung NATO tak mulus, Presiden Tayyip Erdogan mengatakan Turki telah mengatakan kepada sekutunya bahwa negara itu akan menolak keanggotaan Swedia dan Finlandia di Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

"Kami akan melanjutkan kebijakan kami dengan tegas. Kami telah mengatakan kepada sekutu bahwa kami akan mengatakan 'tidak' atas keanggotaan Finlandia dan Swedia di NATO," kata Erdogan dalam unggahan video di Twitter, Rabu malam (18/5).

Erdogan beralasan bahwa Swedia dan Finlandia telah melindungi dan membiayai "teroris", serta memasok senjata kepada mereka.

Pernyataan itu semakin menegaskan tudingan Turki bahwa kedua negara tersebut mendukung kelompok yang dianggap teroris, yaitu kelompok militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan YPG Kurdi Suriah, yang juga dipandang sebagai kelompok teroris yang terkait erat dengan PKK.

"NATO adalah aliansi keamanan dan kami tidak dapat menerima teroris berada di dalamnya," kata Erdogan.

Finlandia dan Swedia secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan NATO pada Rabu (18/5). Keputusan kedua negara untuk bergabung dengan pakta pertahanan pimpinan Amerika Serikat itu didorong oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Keberatan Turki atas bergabungnya Finlandia dan Swedia telah mengejutkan anggota NATO lainnya. Demikian dikutip bebasbaru.com dari antara.com, Jumat (20/05/2022).***

Baca Juga: Lolos dari Lubang Jarum, Manajer Lampard Hampir Nangis Everton Bertahan Di Liga Priemer Tahun Depan

Baca Juga: Tak Menentukan, Chelsea Tetap Finish Peringkat 3 Setelah Ditahan 1-1 Leicester City

Baca Juga: Plat Merah Bakal Terancam Bangkrut, Sri Mulyani Sebut Pertamina Tekor Rp 190,8 T Akibat Lonjakan Harga Migas!

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X