• Selasa, 9 Agustus 2022

Gantikan Duterte, Ferdinand Marcos Jr Resmi Jabat Presiden Filipina

- Kamis, 30 Juni 2022 | 23:06 WIB
Marcos Jr kini resmi  Pimpin 110 juta rakyat Philipina, di tengah kegusaran sebagian warganya yang masih ingat kekejaman mendiang ayahnya dulu (dok, FotoAP/Aaron Favila)
Marcos Jr kini resmi Pimpin 110 juta rakyat Philipina, di tengah kegusaran sebagian warganya yang masih ingat kekejaman mendiang ayahnya dulu (dok, FotoAP/Aaron Favila)

 

BệBASbaru.com, INTERNASIONAL-Manila – Sejarah kembali tercipta di Philipina, anak mantan diktator ini sukses menjadi Presiden negara itu.

Ferdinand Marcos Jr, putra mendiang diktator Filipina Ferdinand Marcos, dilantik sebagai Presiden Filipina pada Kamis.

Pelantikan itu menjadi puncak dari kembalinya salah satu dinasti politik paling terkenal di Asia yang 36 tahun lalu terjungkal dari kekuasaan.

Pada pemilihan bulan lalu, Marcos Jr meraih kemenangan sangat telak, yang jarang terjadi di Filipina.

Baca Juga: Jokowi Sudah Tiba di Rusia, Langsung Bertemu Putin!

Para kritikus menyebut kemenangannya adalah buah dari upaya berpuluh-puluh tahun untuk mengubah persepsi publik tentang keluarga Marcos yang hidup mewah di atas salah satu kleptokrasi paling terkenal di dunia.

Dalam pidatonya yang menyuarakan slogan persatuan, Marcos Jr yang biasa dipanggil "Bongbong", bersumpah untuk membawa Filipina lebih maju dengan berbagai kebijakan yang menguntungkan setiap orang.

Dia berterima kasih kepada masyarakat karena memberikan apa yang disebutnya sebagai "mandat pemilihan terbesar dalam sejarah demokrasi Filipina".

"Anda tidak akan dikecewakan, jadi jangan takut," kata dia dalam upacara pelantikannya, yang dihadiri keluarga dekatnya, termasuk saudarinya Imee yang seorang senator dan ibunya Imelda, 92 tahun, mantan anggota kongres empat periode.

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X