• Selasa, 9 Agustus 2022

Hanya Bermodal 88 Ribu Tentara, Taiwan Berani Tantang China yang Miliki 1 Juta Lebih Prajurit, Faktor AS?

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:20 WIB
Pasukan Militer Taiwan (dok, Image/Ist/Net)
Pasukan Militer Taiwan (dok, Image/Ist/Net)

BệBASbaru.com, INTERNASIONAL-Taiwan – Dari sisi apapun Taiwan jelas kalah dari China, walaupun memiliki senjata canggih, namun personel Taiwan tak sebanyak China.

Lantas kenapa Taiwan ngotot akan melawan China, seandainya negeri yang dikatakan bagian dari China Daratan ini benar-benar angkat senjata melawan provokasi China?

Sebelumnya, China menganggap kedatangan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi ke Taiwan merupakan bentuk dari provokasi. Mereka langsung melakukan latihan militer secara besar-besaran selama 4 hari.

Baca Juga: TKW Di Taiwan Menang Undian Hampir 1 Miliar, Tak Diambil Hingga 5 September Uang Itu Bisa Hangus!

Di sisi lain, Taiwan menuduh Beijing telah melakukan pelanggaran dan pihaknya telah mempersiapkan segala bentuk konfrontasi dengan China.

Menurut laporan AS, jika konflik China dan Taiwan benar-benar pecah, pulau beribu kota Taipei akan kehilangan senjata di darat, udara, dan laut.

Departemen Pertahanan AS pada tahun 2021 bahkan menuliskan laporan berjudul 'Perkembangan Militer dan Keamanan yang Melibatkan Republik Rakyat Tiongkok'.

Baca Juga: Gara-gara Inilah Warga China Banyak yang Eksodus ke LN! Apa Itu?

Laporan tersebut berisikan kekuatan relatif militer China dan Taiwan. Pada tahun 2020, China memiliki 1.040.000 tentara, sedangkan Taiwan hanya 88.000 tentara.

China dapat mendukung pasukannya dengan 6.300 tank dan 7.000 artileri, sementara Taiwan masing-masing dapat menurunkan 800 dan 1.100 unit.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X