• Sabtu, 28 Mei 2022

KISAH AMIRUL MU’MININ UMAR BIN ABDUL AZIZ (Bagian 21)

- Jumat, 2 Oktober 2020 | 20:00 WIB
Ilustrasi, Khalifah Umar Bin Abdul Aziz (dok, cinta ulama)
Ilustrasi, Khalifah Umar Bin Abdul Aziz (dok, cinta ulama)

Sejarah Umat Islam setelah Wafatnya Nabi Muhammad SAW sangat menarik sekali untuk kita ketahui dan tentu saja wajib kita ketahui, agar kita tahu bagaimana perjuangan dalam menegakan syariat Islam yang luar biasa hambatan dan rintangannya. Sekaligus kita juga tahu bagaimana Agama Islam mampu jadi perekat seluruh Umat Manusia hingga akhir jaman. Kenapa kami angkat kisah Khalifah Umar Bin Abdul Aziz? Karena kita tahu saat ini sangat langka ada pemimpin yang seperti beliau. Baik ketaqwaannya, keadilannya, ketegasannya serta benar-benar hanya memikirkan Umat Islam dan tidak hanya diri sendiri dan keluarga beliau saja. Inilah kisahnya yang kami kutif dari buku ‘Mengenal Pola Kepemimipinan Umat dari Karakteristik Perihidup Khalifah Rasulullah” Alih Bahasa Oleh: Mahyuddin Syaf dkk, cetakan kedua dari Penerbit CV Diponegoro, Bandung, Tahun 1985. Selamat membaca mulai edisi ini dan seterusnya, semoga bermanfaat



Terbayangkah oleh anda jawaban seperti itu keluar dari mulut seorang yang tekun, taat dan suci? Kesuciannya bukanlah kesucian biasa, tetapi kesucian yang disertai kebijaksanaan, yang selalu memandang setiap masalah pada intinya, dan mendengarkan setiap persoalan dari relungnya yang terdalam. la selalu mengikuti letak kebenaran, sebagaimana halnya seekor burung yang mengikuti ketempat jatuhnya air hujan!



Suatu saat, yang taat beribadah ini diberitahu tentang adanya seseorang yang mengajak orang lain untuk taat beribadah, sedangkan ia sendiri melalaikannya, maka katanya dengan segera: "Seandainya setiap orang tidak menyuruh orang lain maka aku kan lakukan kebaikan dan mencegah kejahatan sebelum ia sendiri melakukan hal ltu, pastilah takkan ada lagi jalan berbuat baik dan cegahan terhadap perbuatan jahat. Akan jaranglah ditemui para mubaligh dan orang-orang yang menyampaikan nasihat!"


-


Ilustrasi, walaupun sebagai Presiden Umat Islam dan mempunyai kekuasaan besar plus dengan kekayaan negara berlimpah, Umar Bin Abdul Aziz tak segan berbaur dengan rakyat dan duduk di tanah (dok, kisah inspirasi)

 

“Ya Allah berilah aku manfaat dengan akalku ini…!



Itulah kesucian yang didasari oleh akal yang tajam. Kesucian beroleh peluang untuk mengadakan perubahan dalam bidang keadilan dan kesejahteraan. Yakni perubahan yang paling berhasil sepanjang yang disaksikan oleh sejarah umat manusia.

Halaman:

Editor: Admin

Tags

Terkini

KISAH AMIRUL MU’MININ UMAR BIN ABDUL AZIZ (Bagian 20)

Selasa, 1 September 2020 | 20:28 WIB
X