• Sabtu, 28 Mei 2022

KISAH AMIRUL MU’MININ UMAR BIN ABDUL AZIZ (Bagian 22)

- Senin, 9 November 2020 | 20:39 WIB
Ilustrasi, Khalifah Umar Bin Abdul Aziz (dok, cinta ulama)
Ilustrasi, Khalifah Umar Bin Abdul Aziz (dok, cinta ulama)

Sejarah Umat Islam setelah Wafatnya Nabi Muhammad SAW sangat menarik sekali untuk kita ketahui dan tentu saja wajib kita ketahui, agar kita tahu bagaimana perjuangan dalam menegakan syariat Islam yang luar biasa hambatan dan rintangannya. Sekaligus kita juga tahu bagaimana Agama Islam mampu jadi perekat seluruh Umat Manusia hingga akhir jaman. Kenapa kami angkat kisah Khalifah Umar Bin Abdul Aziz? Karena kita tahu saat ini sangat langka ada pemimpin yang seperti beliau. Baik ketaqwaannya, keadilannya, ketegasannya serta benar-benar hanya memikirkan Umat Islam dan tidak hanya diri sendiri dan keluarga beliau saja. Inilah kisahnya yang kami kutip dari buku ‘Mengenal Pola Kepemimipinan Umat dari Karakteristik Perihidup Khalifah Rasulullah” Alih Bahasa Oleh: Mahyuddin Syaf dkk, cetakan kedua dari Penerbit CV Diponegoro, Bandung, Tahun 1985. Selamat membaca mulai edisi ini dan seterusnya, semoga bermanfaat


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Seorang Khalifah (siapapun orangnya), sekalipun dia mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai pucuk pimpinan dalam satu negara, namun takkan mungkin mampu menjalankan tugas dengan sempurna tanpa di damping oleh gubernur, para hakim dan para bendaharawan.



Dengarlah apa yang dikatakannya mengenai hal itu:


“Negara itu mempunyai beberapa tiang dan ia tak akan dapat berdiri tanpa tiang-tiang itu…Gubernur merupakan salah satu diantara tiang-tiang itu, Hakim juga salah satu diantaranya, Bendaharawan atau penguasa Baitul Mal merupakan tiang pula dan tiang ke empat adalah saya.



Dengan demikian, manakala diinginkan agar negara ini menjadi contoh teladan dalam mengemban tugas agama dan hak-hak manusia, maka keteladanan itu harus terbentuk dari perpaduan keempat tiang, atau apparat pemerintahan itu. Yaitu Khalifah, Gubernur, Hakim dan Bendahara.

Halaman:

Editor: Admin

Tags

Terkini

KISAH AMIRUL MU’MININ UMAR BIN ABDUL AZIZ (Bagian 20)

Selasa, 1 September 2020 | 20:28 WIB
X