• Sabtu, 16 Oktober 2021

Akibat Perubahan Cuaca, Angin Puting Beliau Ancam Warga Batola

- Rabu, 18 November 2020 | 08:48 WIB
Angin puting beliung hancurkan atap rumah warga di Marabahan, Batola (dok, klikkalsel.com)
Angin puting beliung hancurkan atap rumah warga di Marabahan, Batola (dok, klikkalsel.com)

BêBASbaru.com, BATOLA - Hembusan angin Kencang disertai hujan lebat turut melanda sebagian wilayah Kota Marabahan, Kabupaten Barito Kuala. Beberapa kerusakan pun menimpa sejumlah bangunan dan sempat menghambat lalu lintas, Selasa (17/11/2020) siang.



Seperti yang terjadi di Jalan Sudirman, terdapat pohon tumbang menutup ruas jalan hingga menghentikan laju lalu lintas beberapa saat. Sejumlah petugas BPBD dan relawan setempat pun saling membahu membersihkan ranting dan dahan kayu yang menutup seluruh badan jalan.



Tiupan angin kencang juga mengalibatkan atap serta plafon Pasar Ikan Wangkang rusak. Beberapa bidang atap terlepas dan plafon yang berbahan kalsiboard jatuh ke lantai dan hancur. Sedangkan di Kelurahan Marabahan Kota, RT 13, terdapat sebuah rumah warga yang tengah dalam tahap pembangunan mengalami kerusakan cukup parah. Pantauan Bpost di lokasi, bagian atap bangunan yang sudah terpasang ambruk ke lantai pasca diterpa angin.



Beruntung dari sejumlah kejadian ini tidak ada memakan korban, namun terkait bangunan yang rusak tentunya mengalami kerugian secara materiil. Menangapi kejadian cuaca tergolong ekstrim ini, Sumarno, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batola mengungkapkan memang saat ini tengah dinyatakan status siaga bencana alam.



Untuk kawasan Batola sendiri yang berpotensi terjadi yaitu bencana banjir, angin puting beliung, longsor dan cuaca ekstrim. "Hari ini terjadi hujan lebat dibarengi angin kencang yang mengakibatkan beberapa bangunan rusak dan pohon tumbang menutupi jalan. Anggota kita sudah berada di lokasi guna evakuasi dan pendataan," Terang Sumarno.

Halaman:

Editor: Admin

Tags

Terkini

Jembatan Alalak Berubah Jadi Pasar Malam

Senin, 4 Oktober 2021 | 07:26 WIB
X