• Sabtu, 16 Oktober 2021

Banjarbaru, Balangan, HST dan Tanbu Batal 17 Februari 2021 Pelantikan Kepala Daerah

- Selasa, 16 Februari 2021 | 14:40 WIB
Mendagri Tito Karnavian pastikan penundaan Pelantikan 4 Kepala Daerah Terpilih di Kalsel (dok, suara.com)
Mendagri Tito Karnavian pastikan penundaan Pelantikan 4 Kepala Daerah Terpilih di Kalsel (dok, suara.com)

BệBASbaru.com, BANJARBARU - Pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih dari empat daerah yang tidak bersengketa pilkada yang sebelumnya dijadwalkan 17 Februari 2021 ditunda. Empat daerah tersebut yakni Banjarbaru, Balangan, Hulu Sungai Tengah dan Tanahbumbu.



Kabag Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Pemprov Kalsel Wirayudha Perdana mengatakan, diperkirakan segera setelah tanggal 17 Februari 2021 nanti akan ada pelatinkan kepala daerah. "Rencananya secara zoom di Mahligai pancasila Banjarmasin," terangnya saat ditemui di Setdaprov Kalsel Senin (15/2/2021).



Pada tanggal 17 Februari ini, masa jabatan bupati dan walikota akan berakhir. Menunggu saat pelantikan, jabatan kepala daerah sementara akan diisi sekda sebagai Plh bupati dan walikota. Terkait yang akan melantik,menurutnya, secara aturan PJ Gubernur tidak bisa melantik kepala daerah sehingga kemungkinan yang akan melantik Mendagri Tito Karnavian.



"Kita masih menunggu arahan siapa yang akan melantik, tapi mungkin Mendagri yang akan melantik langsung," jelasnya. Sebelumnya dijadwalkan kepala daerah terpilih yang pilkadanya tak bersengketa di MK dijadwalkan akan dilantik 17 Februari 2021 ini.



Namun, pelantikan ditunda karena dari Kemendagri melalui Biro Pemerintahan menyatakan jika Kemendagri sedang melakukan percepatan penyelesaian dokumen pengesahan pengangkatan dan pemberhentian Kepala daerah (KDH) dan wakil kepala daerah (WKDH) mengingat beberapa provinsi bahkan baru ada yang memasukkan dokumennya minggu lalu.

Halaman:

Editor: Admin

Tags

Terkini

Jembatan Alalak Berubah Jadi Pasar Malam

Senin, 4 Oktober 2021 | 07:26 WIB
X