• Sabtu, 16 Oktober 2021

Gunung di Meratus Hantakan HST Retak, DAS Barabai Terancam!

- Minggu, 28 Februari 2021 | 08:28 WIB
DAS Barabai terancam, karena Gunung Merartus Hantakan retak (dok, tribunnews.com)
DAS Barabai terancam, karena Gunung Merartus Hantakan retak (dok, tribunnews.com)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI TENGAH - Selain Gunung Magalum yang sudah longsor saat banjir bandang di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, saat ini ada dua gunung lainnya di Pegunungan Meratus, Mangkiling Desa Datar Ajab, Kecamatan Hantakan, dilaporkan sudah mengalami retak berupa rekahan di tebingnya, sehingga berpotensi longsor.



Tokoh masyarakat Hantakan kelahiran Pantai Mangkiling, yang kini tinggal di Desa Alat, mengatakan tiga gunung yang tebingnya sudah muncul rekahan tersebut adalah Gunung Harungan, dan Pindihan. “Satunya gunung Magalum, sudah tinggal separuh,” kata mantan Kades Mangkiling itu kepada banjarmasinpost.co.id, Sabtu (27/2/2021.



Dikhawatirkan, jika gunung-gunung tersebut longsor, bakal menutup daerah aliran sungai (DAS) Barabai. Desa Datarajab merupakan induk dari anak-anak desa (dusun) di bagian hulu, ujung kecamatan Hantakan. Dari paling atas, yaitu Pantai Uwang, turun ke Bayuana, Mangkiling, Rantau Parupuk, lalu Datarajab.



Adapun Gunung terjauh, kata Sumiati adalah gunung Manjunghur dan Pariuk. Di anak-anak desa tersebut merupakan hutan yang berstatus hutan lindung. Di bawah dari kawasan hutan lindung merupakan hutan msyarakat, yang kayunya boleh dimanfaatkan secara terbatas untuk kebutuhan warga adat. eperti membangun rumah dan mencari kayu bakar.



Menurut Sumiati, aksi penebangan hutan di wilayah atas tersebut telah berlangsung lama tanpa ada tindakan tegas aparat yang berwenang menegakkan hukum. Sumiatipun menyatakan, keberatan jika ada pihak yang menyalahkan masyarakat tidak bisa menjaga hutan. Menurutnya, yang patut disalahkan, adalah pihak-pihak yang melindungi atau membiarkan penebangan tersebut terus dilakukan.

Halaman:

Editor: Admin

Tags

Terkini

Jembatan Alalak Berubah Jadi Pasar Malam

Senin, 4 Oktober 2021 | 07:26 WIB
X