• Rabu, 8 Desember 2021

Banyu Surut di Rawa, Petani HSU Rame-rame Semai Benih Padi

- Rabu, 26 Mei 2021 | 20:47 WIB
Warga menyemai padi di lahan rawa yang mulai surut (dok, tribunnews.com)
Warga menyemai padi di lahan rawa yang mulai surut (dok, tribunnews.com)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Pertanian di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sebagian besar merupakan  rawa. Daerah rawa ini pada saat musim peghujan akan dipenuhi air dan dimanfaatkan utuk lahan mencari ikan.



Pada saat musim kemarau saat ini, air yang menggenangi rawa mulai surut.  Lahan ini akan digarap menjadi lahan pertanian. Saat ini sebagian petani sudah mulai melakukan penyemaian untuk persiapan lahan pertanian. Seperti yang diungkapkan Ahmad warga Amuntai dimana untuk membuat penyemaian dirinya menggunakan daerah rawa yang ditutup dengan lumpur dan menebar benih diatasnya.



“Saat lahan sudah benar-benar kering nantinya maka benih siap dipindahkan ke lahan pertanian,” ujarnya. Kepala Desa Pulantani Ibnu Attaillah mengatakan saat ini ada skitar 20 hektar lahan pertanian yang ada di Desa Pulantani dan sudah mulai siap untuk ditanam.



"Sebagian sudah mulai melakukan proses tanam, ada juga yang masih dalam penyemaian biasaya pada bulan Juni semua sudah tertanami,” ujarnya.  Lahan pertanian yang ada di Pulantani memang tak begitu luas namun menjadi pekerjaan pokok bagi sebagian warga. Hasil pertanian sebagian besar digunakan untukmemenuhi kebutuhan sehari hari secara pribadi.



Sumber: BanjarmasinPost.co.id dengan judul: Genangan Lahan Rawa di HSU Surut, Warga Semai Benih Padi

Halaman:

Editor: Admin

Tags

Terkini

Tapin Juga di Terjang Banjir Rob dan Rendam 15 Desa

Rabu, 8 Desember 2021 | 21:01 WIB

17 Kecamatan di Batola Terdampak Banjir Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 20:47 WIB
X