• Jumat, 22 Oktober 2021

Musim Hujan BPBD Kabupaten HST Kembali Siagakan Personel 24 Jam Antispasi Banjir

- Senin, 4 Oktober 2021 | 07:20 WIB
Banjir bandang di HST kembali mengancam, seiring meningkatnya entensitas hujan (dok, PA Barabai)
Banjir bandang di HST kembali mengancam, seiring meningkatnya entensitas hujan (dok, PA Barabai)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI TENGAH - Peringatan dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) atas potensi hujan deras di Provinsi Kalimantan Selatan, disikapi BPBD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).


Sebagai daerah rawan banjir, BPBD HST pun melakukan pemantauan perkembangan cuaca, khususnya di wilayah hulu.


“Kami menyiagakan personel 24 jam di mako BPBD. Siaga secara shift, yaitu 5 orang siang dan 5 orang malam. Petugas juga senantiasa berkomunikasi dengan Sahabat BPBD yang tinggal di daerah rawan bencana di tiga daerah aliran sungai, yaitu sungai barabai, Sungai Batangalai dan Sungai Benawa, sebagai Langkah antisipasi,” kata Kepala Pelaksana BPBD HST, Budi Haryanto, Minggu (3/10/2021).


Pemantauan, kata Budi, juga dilakukan melalui jajaran Orari, sosial media serta grup-grup WA khusus untuk koordinas kebencanaan. “Untuk peralatan penanggulangan, kami puya perahu fiber bermesin, perahu lipat dan perahu karet. Termasuk menyiapkan pengungsian di beberapa lokasi yang tak tersentuh banjir, seperti di kantor-kantor pemerintah yang bertingkat,” katanya.


Sedangkan untuk dapur umum, pihaknya berkoordinasi  dengan Tagana Dinsos, obat-obatan dengan Dinkes serta fasilitas kesehatan di puskesmas dan rumah sakit. Kemudian, Budi mengimbau masyarakat Kabupaten HST khususnya yang tinggal di bantaran sungai agar tetap tetap siaga dan waspada, jika turun hujan deras. Sebab, perkiraan BMKG, peningkatan curah hujan terjadi di Oktober 2021.


SUMBER: BanjarmasinPost.co.id dengan judul Jajaran BPBD Kabupaten HST Siagakan Personel 24 Jam untuk Antispasi Bencana Banjir

Editor: Admin

Tags

Terkini

Balangan Sempat Anjlok Perekonomian di Tahun 2020

Rabu, 20 Oktober 2021 | 20:38 WIB
X