• Jumat, 3 Desember 2021

Atasi Kelangkaan Ikan Gabus, Kandangan Bentuk Kampung Haruan

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:21 WIB
Pembibitan ikan gabus di HSS (dok, pemkab hss)
Pembibitan ikan gabus di HSS (dok, pemkab hss)

 

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI SELATAN - Katupat Kandangan dikenal sebagai kuliner khas Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan sejak zaman dahulu. Katupat Kandangan yang khas yakni berlauk ikan gabus atau ikan haruan.

 

Berkembangnya zaman dan sulitnya ikan haruan, banyak warung tak lagi menggunakan ikan haruan dan menggantinya dengan ikan tauman. Pasalnya selain sulit harga haruan cukup tinggi. Bahkan ikan predator ini menjadi penyumbang inflasi di Kalimantan Selatan.

 

Baca Juga: Warga Desa Atau Beda Daerah Bisa Nyalon Kades di HSS Tak, Perdanya Sudah Disahkan

 

Agar kebutuhan ikan haruan di Hulu Sungai Selatan bisa terpenuhi, melalui Desiminasi Teknologi Model Percontohan Pembenihan Ikan Gabus Haruan di Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar (Pokdatan) Sumber Pulau Basar Desa Asam, Kecamatan Sungai Raya, Bupati HSS Achmad Fikry mencanangkan Desa Asam sebagai Kampung Gabus Haruan (Gahar).

 

Bupati HSS, Achmad Fikry mengaku senang, gembira bahkan bangga atas Pencanangan Kampung Gabus Haruan Desa Asam Kecamatan Sungai Raya. Karena ini masih satu-satunya di Indonesia, maka kemungkinan banyak orang yang akan belajar ke Desa Asam.

Halaman:

Editor: Redaktur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X