• Rabu, 26 Januari 2022

Hanyut Tersapu Banjir, Ribuan Bibit Ikan ‘Melalang Buana’ dari Kolam di Kambitin Tabalong  

- Kamis, 2 Desember 2021 | 08:52 WIB
Balai Benih Ikan (BBI) Kambitin, di Desa Kambitin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (dok, Banjarmasin Post - Tribun)
Balai Benih Ikan (BBI) Kambitin, di Desa Kambitin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (dok, Banjarmasin Post - Tribun)

BệBASbaru.com, TABALONG - Balai Benih Ikan (BBI) Kambitin, di Desa Kambitin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), terkena dampak bencana alam.

Ada 12 kolam milik BBI Kambitin dan 4 kolam di antaranya, saat banjir melanda daerah setempat, dalam kondisi masih berisi bibit ikan dengan jumlah sangat banyak.

Diperkirakan, ribuan bibit ikan dari keempat kolam terseebut ikut hanyut terbawa arus banjir.

Kepala UPT BBI Kambitin, Agustian Rizani, Senin (29/11/2021), menyampaikan, banjir terjadi sejak kemarin dan mulai surut saat pagi.

"Banjirnya semalam. Saat kami datang jam 7 pagi, sudah tertutup air semua. Termasuk akses jalan. Sebanyak 12 kolam terendam, 4 kolam di antaranya berisi bibit ikan," ujarnya.

Baca Juga: Tabalong Juga Kebanjiran, 6 Desa di Kecamatan Banua Lawas Calap  

Bibit ikan yang ada di empat kolam tersebut adalah dari jenis gurami, induk baung, bibit mas koi dan calon induk nila. Jumlahnya ribuan ekor.

Melihat kondisi banjir yang melanda, imbuhnya, besar kemungkinan banyak sekali bibit ikan yang terbawa arus banjir.

"Untuk jumlah yang hanyut terbawa arus banjir, belum bisa memperkirakan. Kami harus lakukan penyisiran dulu untuk mencek kembali," katanya.

Selain melakukan pengecekan jumlah bibit ikan yang ada, lanjutnya, juga akan dilakukan perawatan kolam pascabanjir, di antaranya adalah menguras dan pembersihan.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X