• Rabu, 26 Januari 2022

Sidang Korupsi HSU: Ditanya JPU Sekda yang juga Adik Kandung Bupati Non Aktif HSU Banyak Jawab Tak Tahu

- Rabu, 8 Desember 2021 | 20:15 WIB
Tim Jaksa Penuntut Umum dari KPK menghadirkan 4 orang saksi, satu di antaranya adalah Sekda HSU M Taufik yang juga merupakan adik Bupati HSU nonaktif, Abdul Wahid. (dok, Kanal Kalimantan)
Tim Jaksa Penuntut Umum dari KPK menghadirkan 4 orang saksi, satu di antaranya adalah Sekda HSU M Taufik yang juga merupakan adik Bupati HSU nonaktif, Abdul Wahid. (dok, Kanal Kalimantan)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Sidang perkara dugaan korupsi suap proyek irigasi di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) digelar di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (8/12/2021).

Terdakwanya adalah Marhaini dan Fachriadi, diketahui ditahan di Lapas Kelas IIA Banjarmasin, sehingga hadir secara daring didampingi penasihat hukum. Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Jamser Simanjuntak

Tim Jaksa Penuntut Umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghadirkan 4 orang saksi, satu di antaranya adalah Sekda HSU M Taufik yang juga merupakan adik Bupati HSU nonaktif, Abdul Wahid.

Bersaksi di bawah sumpah, tak terlalu banyak substansi yang dapat digali dari kesaksian Sekda HSU M Taufik tersebut.

Baca Juga: Akayah! Bukan Hanya Garuda dan PLN, Perusahaan Plat Merah Angkasa Pura Juga Punya Hutang Segunung Rp28 Trilyun

Pasalnya, Sekda HSU M Taufik lebih banyak melontarkan jawaban tidak tahu dan tidak ingat, ketika ditanya Majelis Hakim, Jaksa Penuntut Umum maupun penasihat hukum terdakwa.

Dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan, khususnya dari JPU dan Majelis Hakim, mencoba menggali dan merunutkan awal mula proyek rehabilitasi irigasi yang jadi pokok perkara.

Nada bicara JPU bahkan sempat meninggi saat mendengar jawaban-jawaban Sekda HSU M Taufik, terkait detil proses pembahasan anggaran proyek irigasi tersebut dirapatkan dengan DPRD Kabupaten HSU.

"Saya kemarin tidak ikut membahas," kata Sekda HSU M Taufik saat ditanya apakah sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mengikuti rapat bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten HSU.

"Anda ini Ketua TAPD lho, Pak," sahut cepat Jaksa Penuntut Umum, Budi Nugraha.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HSU Lantik 99 ASN, Guru dan Nakes Terbanyak!

Rabu, 26 Januari 2022 | 09:20 WIB
X