• Sabtu, 21 Mei 2022

Alasan Sulit Jangkau Wilayah Tertentu, Inilah Biang Kerok Vaksinasi Tak Capai Target di Kotabaru  

- Jumat, 10 Desember 2021 | 19:22 WIB
Jadi sorotan BPKB, Pemda Kabupaten Kotabaru, menilai pihak yang menyebutkan tidak gigih lebih baik ikut turun melihat situasi geografis di kabupaten ini. (dok, Banjarmasin Post - Tribun)
Jadi sorotan BPKB, Pemda Kabupaten Kotabaru, menilai pihak yang menyebutkan tidak gigih lebih baik ikut turun melihat situasi geografis di kabupaten ini. (dok, Banjarmasin Post - Tribun)

BệBASbaru.com, KOTABARU - Capaian Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Kotabaru masih terbilang rendah dari beberapa daerah di Kalimantan Selatan, bahkan jadi sorotan BPKP karena baru capai 46,33 Persen hingga 8 Desember 2021.

Menanggapi pernyataan dari BPKP,  Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru, menilai pihak yang menyebutkan tidak gigih lebih baik ikut turun melihat situasi geografis di kabupaten ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, H Said Akhmad, Kamis (9/12/2021), mengatakan Kotabaru dalam pelaksanaan vaksin covid-19 terkendala geografis.

Luas wilayah 22 kecamatan, 198 desa 4 kelurahan yang tim nakes terkendala dilapangan dengan seberan penduduk yang jauh berada di pulau-pulau.

"Kendala geografis kita karena ada di pulau-pulau dan desa di pegunungan dengan musim hujan dan gelombang laut cukup besar masih sulit. Kalau bicara di perkotaan sudah selesai semua," katanya.

Baca Juga: Penanganan WNA Terlibat Tambang Ilegan Terkesan Lamban dan Jalan di Tempat di Tanbu

Targetnya, informasi dari Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Suprapti Tri Astuti, dengan kondisi sekarang bisa dimaksimalkan 60 persen.

"Tenaga kesehatan yang terbatas dan lokasi membuat kami kesulitan memvaksin dilapangan, apalagi daerah yang tidak ada jaringan internet, kita manual untuk laporan ke pusat karena proses inputnya baru bisa di kabupaten," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kotabaru, Suprapti Tri Astuti, menambahkan,  total dosis 1 dan 2 sebenarnya sudah 70 persen. Namun, dosis 1 memang diangka 45 persen, karena banyak faktor dan geografis di daerahnya.

Baca Juga: Banjarmasin Jadi Danau Besar, Seluruh Kecamatan Terdampak Banjir Rob  

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kawasan Perkantoran Langganan Banjir di Kotabaru  

Kamis, 13 Januari 2022 | 09:04 WIB
X