• Sabtu, 21 Mei 2022

Terlalu Tergantung Pasokan dari Sulawesi dan Jawa, Kotabaru Terancam Rawan Pangan

- Senin, 20 Desember 2021 | 09:51 WIB
Kabupaten Kotabaru, berpotensi terjadi rawan pangan (dok, Tribun Manado)
Kabupaten Kotabaru, berpotensi terjadi rawan pangan (dok, Tribun Manado)

BệBASbaru.com, KOTABARU - Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan berpotensi terjadi rawan pangan, sehingga pemerintah daerah setempat diminta untuk melakukan antisipasi dengan melakukan beberapa langkah strategis.

Komisi II DPRD Kabupaten Kotabaru, Hj Alfisah, Jumat mengatakan, berdasarkan penuturan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKDP) Provinsi Kalsel, Kotabaru berpotensi terjadi rawan pangan.

Dikatakan, perbandingan jumlah penduduk dengan hasil produksi padi di Kotabaru belum seimbang, tetapi beruntunga banyak pangan atau beras disuplai dari luar daerah.

"Kebutuhan akan pangan bagi masyarakat Kotabaru banyak disuplai dari luar provinsi, seperti Sulawesi, dan Pulau Jawa," kata Alfisah yang juga mantan Ketua DPRD Kotabaru periode 2014-2019.

Baca Juga: Si Melon 3 Kg Mehong dan Tak Masuk Akal, Warga Desa Pahalatan HST Kembali ke Selera Jadul untuk Bahan Bakar  

Sehingga, lanjut dia, apabila suplai pangan dari daerah-daerah tersebut terhenti, maka rawan pangan benar-benar bisa terjadi.

"Untungnya perdagangan dan distribusi barang kebutuhan dari luar provinsi ke Kotabaru sangat lancar, sehingga potensi rawan pangan itu mudah-mudahan tidak terjadi," terangnya.

Legislatif, katanya, akan mendukung program yang akan dibuat oleh Dinas Pertanian ataupun Dinas Ketahanan Pangan Kotabaru dalam mengantisipasi rawan pangan atau meningkatkan produktivitas pangan.

"DPRD akan menyetuji SKPD terkait dalam mengusulkan anggaran pada APBD Kotabaru terkait ketahanan pangan," terang dia.

Baca Juga: Dude Bawa Ayank Abege ke Rumah Wargapun Gerebek, si Dude Ngotot Bilang Udah Nikah Nekk!

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kawasan Perkantoran Langganan Banjir di Kotabaru  

Kamis, 13 Januari 2022 | 09:04 WIB
X