• Sabtu, 21 Mei 2022

Sungai Barito Marak Pengguna Bom Ikan dan Penyetruman, Nelayan Merugi Besar!  

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 09:56 WIB
Sejumlah nelayan di perairan Sungai Barito dibuat risih dengan maraknya penangkap ikan dengan mengenakan bom ikan dan alat setrum (dok, Liputan6.com)
Sejumlah nelayan di perairan Sungai Barito dibuat risih dengan maraknya penangkap ikan dengan mengenakan bom ikan dan alat setrum (dok, Liputan6.com)

 

BệBASbaru.com, BARITO KUALA - Sejumlah nelayan di perairan Sungai Barito dibuat risih dengan maraknya penangkap ikan dengan cara yang tidak tepat.

Yakni dengan mengenakan bom ikan dan alat setrum. Hal ini dinilai curang dan tidak ramah dengan ekosistem alam itu sendiri.

Baca Juga: Rekomendasi Lelet, 31 Jabatan Eselon II Pemkab Banjar Belum Dilantik  

Disampaikan Arbain, Ketua Kelompok Nelayan Peduli Lingkungan (KNPL), pihaknya mengaku sudah tidak bisa membendung maraknya nelayan curang ini.

"Kalau cuma kami, sulit sudah menegur," ucapnya. Jumat (7/1/2022). Untuk itu, pihaknya pun menggandeng pihak berwajib untuk turut mengimbau dan mengawasi aksi-aksi para nelayan dengan alat tangkap tidak normal tersebut.

"Guna pengawasan, kami kerjasama dengan anggota Polsek, Koramil dan Polairud yang bertugas di perairan Barito," terang Armain.

Ia juga menambahkan, sejumlah plang pemberitahuan bahwa menangkap ikan dengan bahan peledak, setrum, bius maupun racun dilarang, ada sanksi tertentu.

Baca Juga: Angkutan Semen PT Conch Momok Perusak Jalan Negara, Jalur Tanjung - Pantai Hambawang HST Terparah Kerusakannya

Hal ini berkenaan dengan aktivitas nelayan sendiri merupakan mata pencarian mereka. Jika ada yang curang, maka mereka sangat dirugikan.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebagian Batola Masih Terendam Dampak Banjir Rob  

Sabtu, 29 Januari 2022 | 09:28 WIB
X