• Sabtu, 21 Mei 2022

Air Laut Pasang Perparah Banjir di Pulaulaut Utara Kotabaru

- Selasa, 11 Januari 2022 | 09:26 WIB
Warga Pulau Laut Utara,mengatakan saat ini beberapa ruas jalan Kecamatan Pulaulaut Utara dan Kecamatan Pulaulaut Sigam,langganan banjir (dok, Jejakrekam)
Warga Pulau Laut Utara,mengatakan saat ini beberapa ruas jalan Kecamatan Pulaulaut Utara dan Kecamatan Pulaulaut Sigam,langganan banjir (dok, Jejakrekam)

BệBASbaru.com, KOTABARU -  Warga Pulau Laut Utara, Dani Hidayat mengatakan saat ini beberapa ruas jalan Kecamatan Pulaulaut Utara dan Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan menjadi wilayah langganan banjir.

Baca Juga: Sudah Lakukan Vaksinasi Pada Anak, SDN Paringin Selatan 1 Balangan Siap Gelar PTM Normal

Menurut Dani Hidayat, beberapa faktor mungkin menyebabkan banjir atau genangan air. Selain intensitas curah hujan tinggi dalam waktu berjam-jam.

Genangan air dimungkinkan disebabkan karena pendangkalan di daerah aliran sungai (DAS). Pendangkalan bisa disebabkan abrasi, pun juga karena faktor sampah.

"Apalagi kalau hujan bersamaan dengan air laut pasang membuat genangan bisa lebih tinggi," ujarnya.

Baca Juga: Di Duga Hasil Pencucian Uang, KPK Pasang Plang Sita Bangunan Diduga Aset Bupati HSU Nonaktif  

Air hujan mengalir ke laut melalui sungai, bersamaan air laut pasang mengakibatkan luapan lantaran debit air melebihi kapasitas tampungan DAS.

"Syukurnya, walau sering terjadi genangan air jalan di beberapa titik, hanya sebentar surut lagi. Hujan reda atau air laut turun banjirnya hilang," katanya.

SUMBER: BanjarmasinPost.co.id dengan judul Banjir Terjadi Saat Pasang Air Laut, Jalan Terendam di Pulaulaut Utara Kotabaru Bisa Lebih Tinggi

 

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kawasan Perkantoran Langganan Banjir di Kotabaru  

Kamis, 13 Januari 2022 | 09:04 WIB
X