• Sabtu, 28 Mei 2022

Jembatan Gantung dan Akses ‘ke Kantor’ Runtuh, Warga Desa Baruh Balangan Sulit Noreh

- Selasa, 25 Januari 2022 | 09:34 WIB
Warga Desa Baruh Penyambaran, RT 3, Kecamatan Halong tak lagi bisa melintas pada jembatan gantung tersebut mengalami kerusakan (dok, Banjarmasin Post-Tribun)
Warga Desa Baruh Penyambaran, RT 3, Kecamatan Halong tak lagi bisa melintas pada jembatan gantung tersebut mengalami kerusakan (dok, Banjarmasin Post-Tribun)

BệBASbaru.com, BALANGAN - Warga Desa Baruh Penyambaran, RT 3, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalsel tak lagi bisa melintas pada jembatan gantung yang sering digunakan di desa.

Minggu (23/1/2022), sore, tiang penyangga jembatan gantung tersebut mengalami kerusakan.

Akibatnya jembatan pun miring dan warga dilarang untuk melintas. Kepala Desa Baruh Penyambaran, Handi menerangkan, melihat kondisi jembatan yang sudah tidak layak untuk dilewati, jalan warga pun terpaksa harus dialihkan.

Baca Juga: Kembali Jalanan Amuntai Bak Danau, Rendam Jalan Utama dan Jadi Tempat Anak-anak Bermain

Padahal, jembatan gantung tersebut dianggap akses penting bagi warga untuk ke kebun mereka.

"Karena kerusakan yang terjadi, warga tidak berani melintas disana. Terpaksa mereka harus melewati jembatan gantung di desa tetangga," ucap Handi, Senin (24/1/2022).

Kondisi jembatan yang mengkhawatirkan, membuat pihak desa berharap pemerintah daerah mulai perhatian akan keadaan tersebut.

Terlebih sebelumnya, pernah dilakukan perbaikan secara swadaya oleh warga setempat. Sebut Handi pula, proposal perbaikan sudah diajukan ke BPBD Kabupaten Balangan, karena kerusakan jembatan akibat banjir beberapa waktu lalu.

Tanah pada bantaran sungai yang dipasangi tiang penyangga mulai tergerus yang menyebabkan perubahan bentuk pada kontruksi bangunan.

Baca Juga: Nasib Guru Honorer di Banjar, Tak Lolos PPPK Walaupun Lama Mengabdi  

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X