• Selasa, 9 Agustus 2022

Kawasan Hutan Produksi di Kintap Diam-diam Di Sikat Kebun Sawit!

- Rabu, 26 Januari 2022 | 09:58 WIB
Sebagian wilayah di Desa Kintap,masuk dalam kawasan Hutan Produksi (HP). (dok, BBC)
Sebagian wilayah di Desa Kintap,masuk dalam kawasan Hutan Produksi (HP). (dok, BBC)

BệBASbaru.com, TANAH LAUT - Sebagian wilayah di Desa Kintap, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), masuk dalam kawasan Hutan Produksi (HP).

Hal itu ditegaskan Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tala Rahmad Riansyah ketika dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id via telepon.

"Sebagiannya merupakan jalan dan permukiman namun sudah di-enclave-kan atau dilepaskan, baik melalui penataan batas maupun tora," jelasnya, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga: Miras Paling Mendominasi Kejahataan di Tapin  

Apakah juga ada yang terjamah kebun sawit PT KJW? "Data sementara yang kami himpun memang ada, sekitar 40-80 hektare," sebut Riansyah.

Namun, lanjutnya, data awal tersebut nanti akan divalidasi ulang oleh Tim Terpadu yang melibatkan semua pihak terkait terutama dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah V Kalsel yang memiliki kewenangan terkait penataan batas kawasan hutan.

Sekadar diketahui, BPKH merupakan unit pelaksana teknis di bawah Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan pada Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Pihaknya saat ini juga masih menunggu terbentuknya Tim Terpadu tersebut.

Baca Juga: Lok Binuang HSS Calap, Tapi Belum Ada Warga yang Mengungsi  

Kelak tim tersebut akan melakukan pengecekan dan identifikasi seluruh perkebunan kelapa sawit di Kalsel yang ditengarai masuk kawasan hutan.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X