• Sabtu, 28 Mei 2022

Wisata Pagat HST Kembali Berantakan di Terjang Arus Sungai, Imbas Hujan Deras di Meratus!

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:27 WIB
Objek wisata  Pagat Batu Benawa di HST (dok, Istimewa)
Objek wisata Pagat Batu Benawa di HST (dok, Istimewa)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI TENGAH - Pengelola wisata Pagat Barabai hanya bisa mengelus dada dan dahi, karena semua fasilitas wisata di sana habis di sapu air, yang menyerbu setelah hujan deras di pegunungan meratus.

Hujan deras pada Rabu malam dan Kamis malam hingga Jumat subuh 13 Mei 2022 di wilayah Hulu Sungai Tengah (HST, khususnya di Hulu Pegunungan Meratus membuat sungai Benawa kembali meluap.

Bahkan untuk  ketinggian airnya  sampai mencapai 7 meter. Dampaknya sejumlah fasilitas yang dibangun di sekitar pinggir sungai di objek wisata  Pagat Batu Benawa pun kembali porak poranda.

Dua bangunan unik tempat ganti pakaian yang baru dibangun dan  biasanya menjadi spot foto wisatawan pun hanyut diterjang arus sungai. Termasuk lanting penyeberangan ikut hanyut terbawa arus.

"Bahkan mulut Gua Berangin yang berada di bawah puncak Sarigading pun nyaris Tak terlihat lagi pada Rabu malam itu  saking tingginya air di sungai benawa, "kata Reza Pahlefi, Kreator objek wisata Batu Benawa.

Menurut Reza, ketinggian air sungai meningkat pada Kamis dinihari, sampai subuh.  Kamis menjelang pagi ketinggian air mulai menurun menjadi 3 meter dan  pada sore hari berangsur normal.

Disebutkan, tak objek wisata pagat yang terdampak. Tapi juga wisata Pulau Mas Desa Baru,  dimana arus deras air sungai Benawa juga merusak gazebo dan lapak tempat beristirahat pengunjung.

Masih seringnya wilayah HST diguyur hujan membuat pengelola wisata sungai belum bisa aman membangun fasilitas di pinggir sungai.

Pengelola wisata Benawapun kini lebih mengembangkan fasilitas di taman yang letaknya lebih tinggi dan jika banjir tak terjangkau air sungai Benawa.

"Karena cuaca masih ekstrem kami lebih menawarkan fasilitas di Taman dan hutan mini  yang juga terdapat area camping dilengkapu hamox serta  caffe di sekitarnya,"kata Reza. Dikutip bebasbaru.com dari banjarmasinpost.co.id, Sabtu (14/05/2022).***

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tradisi Unik Batumpang Apam di HST Meriah

Jumat, 6 Mei 2022 | 09:38 WIB
X