• Jumat, 1 Juli 2022

Banyak CJH yang Minim Informasi Soal Haji, Manasik Dilakukan 3 Kabupaten Agar Tak Kagok Lagi Saat Ibadah Haji

- Rabu, 18 Mei 2022 | 09:31 WIB
Calon jemaah haji mengikuti pembekalan akhir dan  praktik massal Armuna (Arofah, Muzdalifah dan Mina) di halaman Pendopo Bersinar, Tabalong (dok, Pemkab Tabalong)
Calon jemaah haji mengikuti pembekalan akhir dan  praktik massal Armuna (Arofah, Muzdalifah dan Mina) di halaman Pendopo Bersinar, Tabalong (dok, Pemkab Tabalong)

BệBASbaru.com, TABALONG – Karena sedikitnya CJH yang berangkat, tiga kabupaten ini lakukan manasik secara bersama-sama. Bahkan yang masuk daftar cadangan pun juga ikut pelatihan!

Jelang Keberangkatan Haji 2022, calon jemaah haji (Calhaj) mengikuti pembekalan akhir dan  praktik massal Armuna (Arofah, Muzdalifah dan Mina) di halaman Pendopo Bersinar, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (16/5/2022).

Ratusan calhaji yang mengikuti praktek massal Armuna ini tak hanya berasal dari Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan, Provinsi Kalsel.

Tetapi juga ada calhaj yang berasal dari Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan juga ada tambahan beberapa orang dari daerah lainnya.

Pimpinan Majelis Taklim dan Umrah Tabalong, Akhmad Rizani Asmail, yang membimbing praktek massal Armuna, menyampaikan, kegiatan diikuti calon jemaaah haji 1443 H atau 2022 M.

"Dengan harapan untuk membekali calon jemaah haji dalam pelaksanaan tersebut mereka nanti tidak ragu, tidak bingung, runtun kegiatan amaliah semenjak keberangkatan dari tanah air hingga nanti kembali ke tanah air," jelasnya.

Untuk itu pada pelaksanaan praktek ini, akan diberikan secara runtun semua kegiatan dan tahapan prosesi  perjalanan serta prosesi ibadah yang akan dilalui calon jemaah haji.

Pembekalan bagi calon jemaah haji ini dilakukan pihaknya sebanyak 12 kali pertemuan dan dimaksimalkan dalam pembekelan akhir.

Ditambahkannya, khusus untuk calon jemaah haji asal Tabalong semuanya hadir untuk mengikuti pembekalan, termasuk calon jemaah haji yang cadangan.

Sedangkan total keseluruhan calon jemaah haji yang terdaftar mengikuti pembekalan, termasuk yang berasal dari luar Tabalong ada 385 orang.

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tabalong Kekurangan Hampir 65% Hewan Kurban

Kamis, 9 Juni 2022 | 20:42 WIB

Kompleks Perumahan di Tabalong Di Hajar Banjir

Kamis, 26 Mei 2022 | 22:02 WIB
X