• Jumat, 1 Juli 2022

Sapi Luar HSU Distop Sementara Masuk, Akibat Merebaknya PMK!

- Rabu, 18 Mei 2022 | 09:44 WIB
Merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi yang kini dikhawatirkan oleh para peternak HSU (dok, Gresik Today-Pikiran Rakyat)
Merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi yang kini dikhawatirkan oleh para peternak HSU (dok, Gresik Today-Pikiran Rakyat)

BệBASbaru.com, HULU SUNGAI UTARA – Pemkab HSU sementara melarang sapi dari daerah masuk ke wilayahnya, akibat merebaknya  Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi, yang kini dikhawatirkan oleh para peternak HSU.

Aran salah satu pekerja pada tempat  penggemukan sapi di kelurahan Kebun Sari  Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengatakan pihaknya juga merasa khawatir dengan adanya  Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi.

Sudah dua minggu terakhir,  tempat  penggemukan sapi sudah tidak lagi memasukkan sapi baru, karena khawatir sapi yang datang dari daerah lain justru bisa menularkan penyakit.

Setidaknya ada 72 ekor sapi yang saat ini ada di kandang dan proses penggemukan untuk persiapan Idul Adha 1443 H nanti.

"Khawatir jelas ada karenanya kami berusaha untuk menjaga kesehatan sapi dan tidak memasukan sapi baru," ujarnya.

PMK sebelumnya belum pernah terjadi di penggemukan tersebut. Dimana penyakit tersebut memiliki ciri dengan mulut membengkak dan kuku kaki yang lepas dan bisa menyebabkan kematian.

Saat ini sudah mulai banyak yang memesan untuk penggemukan sapi dan untuk kurban pada hari raya idul adha nanti.

Di penggemukan tersebut juga menyediakan jasa pengiriman langsung ke tempat berkurban sehingga sapi yang telah dibeli bisa dirawat dengan baik terlebih dulu dan dibersihkan sebelum diantar.

"Kalau sapi dari luar sulit masuk khawatir nanti akan mengalami kenaikan harga, saat ini  untuk ukuran sapi yang menghasilkan sekitar 80 kilogram daging harganya sekitar Rp 16 juta dan harga masih bisa berubah ubah," ujarnya. Demikian dikutip bebasbaru.com dari banjarmasinpost.co.id, Rabu (18/05/2022).***

Baca Juga: Masalah Tak Pernah Selesai, Walkot Banjarmasin Minta Direksi PDAM Mundur Berjaamah Kalau Tak Mampu Kerja

Halaman:

Editor: Editor Alma

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X